SELASA , 13 NOVEMBER 2018

Ternyata, Penutupan F-Lagon Sudah Lama Direncanakan

Reporter:

Editor:

dedi

Jumat , 03 Maret 2017 19:03
Ternyata, Penutupan F-Lagon Sudah Lama Direncanakan

int

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Rencana Penutupan F-Lagon atau tempat penampungan limbah rumah tangga yang selama ini dikelola PT Vale, sudah lama direncanakan untuk ditutup.

Bahkan Pemerintah Luwu Timur juga tahu dan sepakat untuk menutup F-Lagon tersebut.

Ini terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat antara warga yang menolak penutupan tersebut dengan pihak DPRD Lutim yang berlangsung di DPRD, Jumat (3/3).

Dalam rapat tersebut terungkap sudah terbit surat Bupati yang ditujukan ke PT Vale, bernomor 435/207/SET tertanggal 28 Desember 2013 lalu, perihal penimbunan F-Lagoon dan sekitarnya.

“Jadi sejak 2013 lalu, Pemerintah sudah menyetujui penutupan F-PLagon tersebut,” ungkap Fieter P Karangan anggota DPRD Fraksi PDI-P

Berbekal surat tersebutlah, Lurah Magani Ishak menyosialisasikannya kepada warga kalau Pemerintah Luwu Timur, juga sepakat dengan rencana penutupan F-Lagon tersebut.

Namun warga menolak rencana penutupan tempat penampungan limbah tersebut karena rata-rata rumah warga tidak memiliki tempat pembuangan limbah. Bahkan, pembicaraan soal penutupan Tempat penampungan Limbah ini berlanjut pada tim tiga pilar.

Sementara itu Lurah Magani, Ishaq menjelaskan, bahwa sesuai dengan hasil kesepakatan tim 3 pilar dikatakan, rencana penutupan F-Lagoon akan tetap dilakukan, namunĀ  dilakukan dengan catatan disosialisasikan terlebih dahulu dan mendapat persetujuan masyarakat.

“Jadi intinya tetap menunggu persetujuan masyarakat Magani mengenai penutupan F-Lagoon itu,” jelas Ishaq

Rapat dengar pendapat tersebut dipimpin ketua DPRD Luwu Timur, Amran Syam, yang dihadiri sejumlah anggota DPRD lintas komisi. Rencananya rapat akan dilanjutkan kembali pada Senin (06/03/2017) dengan agenda mendengarkan penjelasan PT. Vale dan dinas terkait.


div>