SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Tersangka Legislator Sulbar Resmi Dilimpah

Reporter:

Irsal

Editor:

asharabdullah

Jumat , 09 Maret 2018 10:45
Tersangka Legislator Sulbar Resmi Dilimpah

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel, Salahuddin. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel, melimpahkan empat tersangka dan barang bukti kasus dugaan korupsi, penyalahgunaan Anggaran Pendapatan Balanja Daerah (APBD) Sulbar tahun 2016 sebesar Rp360 miliar.

Penyidik menyerahkan ke pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Mamuju, untuk segera disidangkan di pengadilan. Keempat tersangka yakni Ketua DPRD Sulbar Andi Mappangara, wakil ketua DPRD Sulbar Hamzah Hapati Hasan, wakil ketua DPRD Sulbar Harun dan wakil ketua DPRD Sulbar Munandar Wijaya.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel, Salahuddin mengatakan, keempat tersangka dan barang bukti kasus tersebut diberangkatkan dengan menggunakaan pesawat terbang dan akan mendarat di Bandara Tampa Padang Kaluku, Mamuju.

“Tahap dua dan register perkaranya dilakukan di Kejari Mamuju,” ujar Salahuddin, Kamis (8/3).
Kata Salahuddin, locus delic perkaranya di Sulbar, makanya pelimpahan dilakukan di Kejari Mamuju. Keempat tersangka tersebut diberangkatkan pada pukul 13.23 WITA. Dengan menggunakan pesawat Wings Air nopen IW-1302 Tujuan Mamuju.

“Setelah tersangka dilimpahkan oleh penyidik, maka perkara tersebut sudah menjadi kewenangan JPU dan statusnya sudah menjadi terdakwa,” pungkasnya.

Hanya saja menurut Salahuddin belum diketahui, dimana perkara tersebut akan disidangkan, apakah di Mamuju atau di Pengadilan Tipikor Makassar. “Kalau untuk efesiensinya, sepertinya memungkinkan, perkaranya di Pengadilan Tipikor Mamuju,” tandasnya. (*)


div>