RABU , 15 AGUSTUS 2018

Tes Narkoba dan Psikologi Siswa Baru Gratis

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Sabtu , 22 Juli 2017 11:54
Tes Narkoba dan Psikologi Siswa Baru Gratis

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo memberikan sambutan di hadapan siswa saat pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK Tingkat Provinsi Sulsel di halaman Rumah Jabatan Gubernur, Jl Jenderal Sudirman Makassar, Jumat (21/7). foto: mdfajar/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel mewajibkan siswa baru di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk melakukan tes narkoba dan tes psikologi. Disdik tidak membebankan biaya sepeser pun kepada orangtua siswa dalam melakukan tes tersebut, karena ditanggung masing-masing sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, Irman Yasin Limpo, menegaskan, tes narkoba dan psikologi yang diperuntukan kepada siswa/siswi SMA dan SMK semuanya dilakukan secara gratis. Biaya ditanggung masing-masing sekolah, dengan memakai dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Dalam petunjuk teknis (juknis) bahwa pendaftaran ulang untuk PPDB dilakukan tes narkoba dan tes psikologi. Kami juga telah bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) yang sudah menyiapkan 54 ribu alat rapid test,” jelas None, sapaan akrab Irman, saat ditemui di sela-sela pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA – SMK Tingkat Provinsi Sulsel, di halaman rumah jabatan Gubernur Sulsel, Jumat (21/7).

Dia menjelaskan, salah satu tujuan diadakannya tes narkoba itu agar bisa mendapatkan database siswa yang memakai narkoba dengan enam jenis. Diantaranya metamofin, sabu, ganja, remadol, dan lain sebagainya. Hasilnya, bisa diberikan kepada guru Bimbingan Konseling (BK) dan orang tua siswa.

“Jika terindikasi, tidak langsung dikeluarkan tapi mengikuti masa rehab. Tapi, kembali lagi kepada hasilnya, jika dia jadi bandar maka harus dipertimbangkan,” jelasnya diberitakan Rakyat Sulsel, Sabtu (22/7).

Terkait pelaksanaan MPLS SMA/SMK, akan dilaksanakan 21 – 22 Juli di sekolah masing-masing. None menjelaskan, siswa baru tamatan SMP tahun ini 151.472 orang. Daya tampung SMA 158.222 kursi, dan terdapat 6.750 kursi lebih. Tamatan SMP yang lulus 150.665 orang, dan tidak lanjut mendaftar 807 orang.

“Saya menjamin bahwa penerimaan siswa tahun ini murni dan berintegritas. Penerimaan tahun ini 99,99 persen berintegritas, tidak ada yang keluar dari petunjuk teknis,” tegasnya.

[NEXT-RASUL]

Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, usai membuka kegiatan MPLS tersebut, memberikan motivasi kepada para siswa baru yang begitu bersemangat hadir di masa pengenalan lingkungan sekolah tersebut.

Ketika memberikan motivasi, Syahrul menuju ke tengah lapangan, dan disambut meriah dengan sorakan ribuan siswa. Ia memulai dengan bernyanyi lagu Indonesia Tanah Air Beta, yang diselipi dengan puisi dan kata-kata motivasi.

“Indonesia negara yang hebat. Kalian anak dari sebuah negara besar, bernama Indonesia. Tidak ada sebesar Indonesia. Kalian anak bangsa yang besarnya sama dengan 20 negara Eropa. Kalian orang apakah? Indonesia,” tegas Syahrul.

Penting berpikir positif dan punya cita-cita tinggi, menjadi salah satu pesan Syahrul yang disampaikan dengan gaya retorika ringan. “Ayo berdoa, angkat tangan. Ayo berjanji pada diri sendiri untuk membahagiakan Ibu dan Bapak. Menjadi pribadi yang cerdas dan berkarakter jujur. Alfatiha,” tuntunnya.

Di akhir kegiatan, ditampilkan atraksi dari kelompok ekstra kurikuler siswa. Seperti taekwondo, Paskibra, Pramuka, dan tarian. (***)


div>