JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

THR ASN Pemkot Segera Ditransfer

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Rabu , 06 Juni 2018 12:43
THR ASN Pemkot Segera Ditransfer

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto, foto bersama dengan jajaran pejabat dan pegawai Pemkot Makassar .foto: ist for rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan segera cair. Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementrian Keuangan sudah diterima, bahkan seluruh SKPD telah merampungkan Surat Perintah Pembayaran (SPM).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar, Abd Rasyid, mengatakan, saat ini pencairan THR sudah diproses di Bank Sulselbar (BPD), dan dalam waktu dekat sudah ditransfer ke masing-masing ASN.

“Sudah rampung SPM-nya semua SKPD, sekarang sudah diproses di BPD. Jadi, tinggal BPD yang cairkan ke rekening masing-masing ASN,” kata Rasyid, Selasa (5/6).

Bisa dipastikan, dalam waktu dekat THR sudah bisa diterima oleh seluruh ASN. “Insya Allah dalam waktu dekat, karena sudah rampung. Tinggal pencairan, mungkin dalam waktu satu dua hari ini,” ujarnya.

Dia juga memastikan anggaran THR ASN tahun ini cukup. Meski sebelumnya, pemerintah mengalami defisit hingga Rp 7 miliar dari anggaran yang disediakan. Hal itu dikarenakan, tahun ini pembayaran THR ditambah dengan tunjangan keluarga, sementara anggaran yang disedikan pemkot hanya untuk pembayaran THR sebesar gaji pokok ASN.

“Cukupmi THR-nya, yang Rp 7 miliar itu diambil dari dana tak terduga dan dana antisipasi,” ungkapnya.

Sementara, untuk THR di tingkat pegawai honorer dan tenaga kontrak, lanjut Rasyid, diserahkan ke masing-masing SKPD dalam pemberian THR.

“Semuanya (tenaga kontrak) nanti yang kasi itu SKPDnya, apakah parcel atau bagaimana,” ucap Abd Rasyid.

Sementara, salah satu ASN di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, IP, mengaku sampai saat ini belum menerima THR. Padahal SPM sudah disetorkan ke BPKAD sejak beberapa hari yang lalu.
“Belum cair, mudah-mudahan masuk sebelum lebaran,” harapnya.

Diketahui, jumlah pegawai honerer sebanyak 8.587 orang, sementara ASN lingkup pemkot sebanyak 11.045 orang. Untuk anggaran yang disediakan mencapai Rp 49 miliar, yang bersumber pada dana APBD 2018. (*)


div>