SENIN , 10 DESEMBER 2018

Tiap Hari 3-5 Pesawat Asing Melanggar di Kawasan Udara Natuna

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Jumat , 25 September 2015 22:28
Tiap Hari 3-5 Pesawat Asing Melanggar di Kawasan Udara Natuna

Sukhoi Su 25 (foto:int)

BATAM,RAKYATSULSEL.COM – Komandan Skadron (Danskadron) 11 Unjungpandang Letkol (Pnb) Vincentius Endy HP mengatakan selama operasi bersandi Tangkis Sergap di wilayah Kepulauan Riau, kawasan udara Natuna adalah kawasan yang paling rawan dilewati pesawat asing yang tidak berizin.

“Setiap hari rata-rata 3-5 pesawat tidak berizin melintas. Ada pesawat militer dan penumpang, Khususnya di sekitaran Matak Natuna,” kata dia di Hang Nadim Batam, Jumat.

Sejak dua pekan terakhir TNI AU menyiagakan dua pesawat SU-30 dan dua pesawat SU-27 dari Skadron II Ujungpandang untuk melakukan operasi sekitar kawasan udara Provinsi Kepulauan Riau.

“Frekuensi pelanggaran pesawat tanpa izin di Kepri cukup banyak. Namun yang terbanyak di Natuna. Rata-rata pesawat tujuan Malaysia dan Singapura memotong jalur kawasan itu,” kata Vincentius.

Ia mengatakan, seluruh pesawat itu rata-rata koperatif dan bersedia dihalau keluar dari wilayah udara NKRI sesuai dengan perintah atasan.

“Sesuai perintah komando atasan, semua diusir setelah diperingatkan agar mengurus izin saat masuk NKRI. Tidak ada yang sampai diturunkan di Batam meski ada yang membandel,” kata dia.


div>