RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Tiap Kecamatan Diusul Miliki Kawasan CFD

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 07 April 2017 10:54
Tiap Kecamatan Diusul Miliki Kawasan CFD

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Muh Mario Said. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar melakukan pematangan kajian rekayasa lalu lintas kawasan bebas kendaraan bermotor (Car Free Day/CFD) di Jl Boulevard, Kecamatan Panakkukang, Makassar.

Kepala Dishub Kota Makassar, Muh Mario Said, mengaku, dibutuhkan kajian matang terkait rencana rekayasa lalulintas. Selain melakukan kajian lapangan, tentu melibatkansejumlah stakeholder, misalnya pihak kepolisian dan juga Satpol PP Makassar.

“Kalau SK penetapan sebagai kawasan car free day, saat ini sementara berproses di bagian hukum pemkot. Jadi rencana tanggal 23 April kita akan launching. Pokoknya kalau sudah ada SK ditandatangani oleh pak wali, kita sudah bisa mulai soft launching,” singkat Mario diberitakan Rakyat Sulsel, Jumat (7/4).

Sementara, Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dishub Makassar, Jasman Launtu, menyatakan, saat ini pihaknya telah merampungkan denah lokasi opening CFD di Jl Boulevard Panakukang, selanjutnya akan dibahas di internalnya.

“Denah dan rekayasa pengalihan arus lalulintas ini akan dirapatkan lagi di kantor secepatnya, pasalnya akan segera launching pertengahan April ini,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga tengah menggagas program CFD pada tiap-tiap kecamatan di Makassar.

Ini sebagai langkah mendorong terciptanya ruang publik baru pada masing-masing kecamatan. Dengan demikian juga dapat menjadi salahsatu langkah mengurangi tingkat polusi udara dari asap kendaraan.

[NEXT-RASUL]

“Iya, alangkah bagusnya jika di tiap kecamatan itu ada kawasan yang di hari tertentu menjadi kawasan bebas kendaraan,” ungkapnya.

Namun, Jasman mengakui, jika program hari bebas kendaraan tersebut masih sebatas wacana yang akan diusulkan ke pemerintah dan pihak terkait lainnya, sembari menunggu juga masukan dari masyarakat. (***)


div>