SABTU , 20 OKTOBER 2018

Tidak Tepat Sasaran, Lurah Minta Dinsos Data Ulang Penerima Rastra

Reporter:

Atho Tola

Editor:

asharabdullah

Senin , 19 Februari 2018 14:15
Tidak Tepat Sasaran, Lurah Minta Dinsos Data Ulang Penerima Rastra

Kepala Kelurahan Padoang doangan, Ridwan Syam saat ditemui di Kantor Dinas Sosial Pangkep, senin (19/02). Foto: Atho/Rakyatsulsel

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Pihak kelurahan mengeluhkan banyaknya warga mereka yang tidak terdaftar sebagai penerima beras sejahtera (rastra), seperti yang dikeluhkan Kepala Kelurahan Pa’doang doangan, Kecamatan Pangkajene, Ridwan Syam, saat ditemui di Kantor Dinas Sosial Pangkep, Senin (19/02).

“Semoga saya keliru, tapi kalau memungkinkan biarkanlah kami yang melakukan pendataan ulang bagi warga kami yang menerima rastra, biarkan kita mulai data nol”, ungkapnya.

Ridwan menilai, terjadi kekeliruan terkait sasaran penerima rastra tahun ini, di Kelurahan Padoang doangan sendiri pada tahun 2017 lalu terdata sebanyak 145 penerima, namun tahun ini hanya 87 orang penerima, sayangnya dari jumlah tersebut sebagian besar yang menerima adalah keluarga sejahtera.

“Jadi mudah – mudahan Dinsos bisa mempertimbangkan rencana pendataan ulang ini, sebisa mungkin duduk bersama mencari solusinya”, ujarnya.

Hal yang sama juga dikeluhkan Kepala Kelurahan Pa’bundukang, Kecamatan Pangkajene, Andi Baso Erwin. Dia mengungkapkan, dari data yang masuk tahun 2018, kurang lebih ada 120 penerima yang terdaftar tahun ini tapi justru tidak tepat sasaran.

“Ini yang kita pertanyakan sebenarnya, indikator penerima rastra seperti apa sebenarnya, kasihan warga kami, yang tidak layak justru tidak terdaftar, sementara yang menerima ini kebanyakan keluarga sejahtera”, ucapnya.

Akibat polemik tersebut, sebagian besar wilayah Kelurahan di Kabupaten Pangkep terpaksa menunda pembagian rastra tahap ke dua, lantaran khawatir timbul gesekan antara pihaknya dengan masyarakat. (*)


div>