RABU , 21 NOVEMBER 2018

Tidak Terbukti, TP Lolos Dari Gugatan FAS

Reporter:

Fachrullah

Editor:

Iskanto

Rabu , 26 September 2018 16:00
Tidak Terbukti, TP Lolos Dari Gugatan FAS

Dok. RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sulsel akhirnya memutuskan pasangan Calon walikota Parepare terpilih, Taufan Pawe – Pangerang Rahim (TP) tidak terbukti melakukan pelanggaran berdasarkan laporan Tim Faisal Andi Sapada-Asriadi Samad (FAS).

Laporan tersebut yakni TP diduga melaporkan dana kampanye sebanyak dua kali. Masing-masing Rp100 juta dan Rp143 juta.

Tim Gakkumdu Bawaslu Sulsel, Bripka Muhammad Rifai mengatakan dari hasil pemeriksaan menyebutkan jika kasus penyelidikan tersebut tidak diteruskan ke penyidikan lantaran dianggap tidak memenuhi unsur.

“Setelah kita melekukan pemeriksaan selama lima hari. Intinya laporan tidak memehui unsur,” kata dia.

Dirinya menyebutkan dari pemeriksaan tersebut, pelapor telah mengajukan 12 alat bukti. Tapi dalam pemberian keterangan dari KPU Parepare dan Pelapor jika dana kampanye untuk pasangan calon tidak dibatasi terkecuali untuk perseorangan.

“Dari keterangan pelaporan dan saksi-saksi lain (KPU Parepare) yang telah dilampirkan tidak memenuhi unsur untuk dilanjutkan,” sebutnya.

Tidak terbutinya TP dalam loporan tim FAS ini akan segera disampikan oleh Gakkumdu Bawaslu Sulsel kepada dua belah pihak. “Kami akan sampikan kepada masing-masing pihak,” jelasnya.

Sebelumnya ketua Tim pemenangan TP, Kaharuddin Kadir mengatakan soal dana kampanye yang di laporan oleh tim FAS seakan mereka tidak mengetahui aturan PKPU soal dana kampanye pasangan calon yang tidak dibatasi.

“Saya kira dia menghayal, karena undang undang pilkada nomor 10 tahun 2016 pasal 7 sudah jelas, bisa gabungan partai politik, perorangan, badang usaha. Tapi kalau pasangan calon tidak dibatasi,” ungkapnya. (*)


div>