KAMIS , 13 DESEMBER 2018

Tiga Bulan, 95 Penyalahguna Narkoba Terciduk

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 09 Maret 2018 16:30
Tiga Bulan, 95 Penyalahguna Narkoba Terciduk

Para pelaku narkoba bersama barang bukti saat diamankan Polda Sulsel, beberapa wakti lalu. Foto: (ist)

* Dari 48 Laporan Sejak Januari Hingga Maret

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dalam waktu tiga bulan terakhir Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel berhasil meringkus hampir seratus orang tersangka penyalahguna dan peredaran narkotika di wilayah hukum Polda Sulsel.

Hal itu diungkapkan Kabag Bin Ops Ditresnarkoba Polda Sulsel AKBP Kamaluddin saat mengekspose hasil tangkapan dimulai Januari hingga Maret 2018.

“Dari hasil tangkapan yang dilaksanankan mulai Januari, Februari dan Maret, tiga Subdit Ditresnarkoba Polda Sulsel berhasil menangkap 95 tersangka dari 48 laporan,” ungkapnya, Kamis (8/3) kemarin.

Kamaluddin menjelaskan, puluhan tersangka penyalahguna narkoba dan peredaran narkotika diungkap tiga subdit Ditresnarkoba diantaranya Subdit 1, Subdit 2 dan Subdit 3.

“Untuk Subdit 1 mengungkap 10 LP, 16 tersangka dan 10 disidik. Subdit 2 mengungkap 23 laporan polisi, tersangka 59 dan sidik 22. Subdit 3 laporan polisi 15, tersangka 20 dan disidik 14. Sudah ada P21 diantara tersangka tersebut,” urainya.

Kamalauddin menambahkan, jumlah keseluruhan laporan yang tercatat sebanyak 48 laporan. Sedangkan tersangka sebayak 95 orang.

Sementara, lanjut Kamaluddin jumlah yang disidik hingga SPDP sebanyak 46 orang. “Diantara para tersangka sudah ada yang dititip ke rutan Gunungsari,” katanya.

Sementara itu, Kasubdit Kepala Subdit II Ditresnarkoba Polda Sulsel, AKBP Musa Tampubolon menerangkan putra Wakil Bupati Maros Andi Armil Mattorang, Arjab Ajib Mattotorang juga merupakan hasil tangkapan operasi yang dimulai sejak Januari hingga Maret 2018.

“Kita sudah memperoleh informasi bahwa ada salah satu rumah yang sering digunakan untuk menjadi tempat penyalahgunaan narkoba. Kemudian kita menurunkan tim dan melakukan penyelidikan lebih kurang beberapa pekan, pada waktu yang sudah ditentukan kita melakukan penggerebekan dan didapati ada 4 orang di dalam rumah tersebut,” terangnya.

Dari hasil tes urine milik tersangka Arjib terbukti positif mengonsumsi sabu. Bahkan berdasarkan urine itu, Arjab dan tiga tersangka lainnya positif sebagai pemakai narkoba. “Untuk hasil pemeriksaan sementara keempat tersangka ini urinenya positif,” katanya.

Kepada penyidik, Arjab mengaku telah mengomsusi barang haram tersebut lima tahun lamanya. “Menurut pengakuannya sudah lama memakai sabu, sudah lebih kurang 5 tahun, ia dapat barangnya tidak selalu dari situ (pegedar) katanya ganti-gantian di wilayah Makassar,” terangnya. (*)


Tag
  • Polda Sulsel
  •  
    div>