RABU , 13 DESEMBER 2017

Tiga Daerah Bakal Head to Head

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 26 Oktober 2017 10:55
Tiga Daerah Bakal Head to Head

Dok. RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tiga daerah yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang, diprediksi bakal head to head antara petahana dan penantang. Seperti di Makassar, Palopo, dan Enrekang.

Di Makassar, petahana Moh Ramdhan “Danny” Pomanto bisa dikatakan melenggang mulus menuju pertarungan di pilwalkot. Ia telah mengantongi dukungan dari sejumlah partai politik. Seperti PAN, PKS, Gerindra, PKPI, PDIP dan PPP.

Sementara penantangnya, baru NasDem yang merekomendir Rachmatika Dewi. Sedangkan Golkar sendiri masih bermanuver untuk head to head dengan petahana.

Sementara, di Palopo, Judas Amir yang merupakan incumbent juga memborong beberapa partai besar. Antara lain Golkar, NasDem, Gerindra, PDIP dan Demokrat. Sedangkan sang penantang Akhmad Syarifuddin Daud alias Ome baru mendapat rekomendasi dari partai Hanura.

Kondisi yang hampir sama juga terjadi di Kabupaten Enrekang. Beberapa partai besar seperti Golkar, PAN, Demokrat dan PDIP, memilih untuk merapat ke petahana Muslimin Bando. Bahkan tidak menutup kemungkinan masih akan ada partai yang akan bergabung dengan Muslimin Bando.

Sementara NasDem dan PBB yang mengusung Wakil Bupati Enrekang, HM Amiruddin, masih membutuhkan koalisi untuk mencukupkan enam kursi sesuai syarat yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Jika ingin mulus, maka wacana Muslimin Bando dan Amiruddin kembali menyatu bisa menjadi opsi bagi Amiruddin dan NasDem.

Sekertaris DPD I Golkar Sulsel, Abdillah Natsir, mengakui kemungkinan terjadinya pertarungan head to head di tiga daerah tersebut. Golkar telah memberikan rekomendasi kepada sejumlah kader untuk bertarung, namun proses komunikasi politik diserahkan kepada kandidat yang bersangkutan.


div>