JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Tiga Perwira Jajaki Pilgub Sulsel

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Selasa , 08 Maret 2016 12:46
Tiga Perwira Jajaki Pilgub Sulsel

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Menjelang pelaksanaan pemilihan Gubernur Sulsel 2018 mendatang, sedikitnya terdapat tiga figur yang memiliki latar belakang militer, menjajaki peluangnya untuk maju bertarung di kontestasi politik tersebut. masing-masing Mayjen TNI (purn) Andi Tanribali Lamo (Mantan Pejabat Gubernur Sulsel), Burhanuddin Andi (Mantan Kapolda Sulselbar), dan Kolonel Abdul Rivai Ras (Pendiri Universitas Pertahanan). Ketiga figur tersebut sejauh ini mulai melakukan sosialisasinya di Sulsel.

Direktur Eksekutif Institut Social Political and Economical Issue (ISPEI) Sulsel, Imam Mujahidin Fahmid menilai figur militer sejauh ini belum seterkenal dari figur calon yang berasal dari kalangan birokrat maupun politisi. Namun demikian figur militer masih berpotensi besar mendapatkan tren survey popularitas yang baik, jika figur tersebut melakukan sosialiasi secara intensif dalam dua tahun kedepan.” Kalau saat ini figur militer belum terlalu populer. Keterkenalan figur birokrat dan politisi masih lebih dominan dikenal oleh masyarakat. Tapi potensi untuk mendapatkan tren survey masih bisa dilakukan, sepanjang maksimal melakukan sosialisasi dan komunikasi politik dalam dua tahun ini,” Ujarnya, Senin (7/3).

Imam melanjutkan saat ini peluang figur dari berbagai latar belakang profesi maupun disiplin ilmu, sama-sama berpotensi untuk bisa bertarung di pilgub. Hal ini disebabkan ketiadaan incumbent dalam pilgub 2018 mendatang, membuat sejumlah figur, khususnya pendatang baru akan menjajaki peluangnya.”Tidak adanya incumbent membuat arena pilgub cukup terbuka bagi semua latar belakang figur. apalagi Sulsel ini sangat strategis sebagai kawasan di Indonesia Timur, sehingga membuat figur daerah yang selama ini berkiprah di level nasional akan menjajaki peluangnya,” terangnya.

Sementara itu, Kolonel Abdul Rivai Ras saat dimintai tanggapannya mengenai pilgub Sulsel, menyatakan siap maju dalam kontestasi politik dua tahun mendatang tersebut. Berbagai persiapan pun telah dilakukan, salah satunya dengan membentuk relawan di seluruh kabupaten di Sulsel dan membangun rumah cerdas for Sulsel.

Abdul Rivai Ras yang memiliki latar belakang dan disipilin ilmu di bidang maritim dan kelautan ini, sekaligus sebagai pendiri universitas pertahanan mengaku telah memiliki visi untuk melanjutkan pembangunan khususnya menjadikan sulsel sebagai pintu gerbang maritim di kawasan indonesia timur. ” Sulsel ini cukup relalisitis dijadikan sebagai pilot project program poros maritim dunia, Sulsel punya sejarah kemaritiman yang mesti dibangkitkan kembali. Ini penting untuk memaksimalkan segala potensi ekonomi maritim yang bermuara kepada kesejahteraan rakyat,” ujar pria asal Bone ini.

Abdul Rivai Ras mengaku, tidak asal ujug mempersiapkan diri maju di pilgub Sulsel. pengalamannya yang selama ini banyak berkecimpung di pemerintah pusat, menjadi modal kuat dirinya untuk membangun investasi politik di Sulsel. ” saya punya hubungan baik dengan sejumlah elit parpol di pusat, dan punya pengalaman mendampingi pak SBY saat pemerintahannya lalu, dan juga memberikan sumbangsih pemikiran kepada pak Jokowi saat menggas Indonesia sebagai poros maritim dunia,” ujarnya.

Senada diungkapkan Burhanuddin Andi, kesiapannya untuk maju di pilgub Sulsel sangat tergantung dari dorongan masyarakat.” Jika masyarakat mendukung, masa saya tidak maju, itu namanya saya tidak menjalankan kearifan lokal,”ujarnya.

Sejauh ini sejumlah relawan yang mendukung mantan Kapolda Sulselbar ini maju di pilgub, mulai bermunculan, salah satunya relawan Gerakan Pembangunan Sulsel (Gerbang Sulsel ) dan Sahabat Burhanuddin Andi. Relawan tersebut saat ini dikalim sudah berjumlah sebanyak 1200 orang, dimana masing-masing kabupaten minimal jumlah relawan yang direkut sebanyak 50 orang. (D)

 


div>