Tiga WNI Diisukan Tewas, Polri Turunkan Tim ke Filipina Selatan

JAKARTA – Wakapolri Komjen Syafruddin mengungkapkan bahwa pihaknya sudah membentuk tim untuk mengusut isu kematian tiga WNI yang diembuskan pemerintah Filipina Selatan. Menurutnya, tim sudah diterbangkan pada Jumat (28/4) hari ini.

“Tim sudah berangkat ke sana bergabung dengan aparat keamanan Filipina Selatan,” kata Syafruddin di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Sejauh ini, kata dia, belum ada perkembangan apa pun mengenai isu tersebut. Syafruddin mengaku, tim akan mendalaminya, termasuk mengambil sampel DNA bila perlu.

Sementara itu, saat disinggung langkah ke depan Polri jika benar adanya WNI tewas, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Filipina. Termasuk apakah bisa memulangkan jenazah untuk dikuburkan di Indonesia.

“Ya itu tergantung koordinasi pemerintah Filipinadengan pemerintah Indonesia. Ini sedang dalam investigasi bersama,” tutur Syafrudin.

Seperti diketahui, angkatan bersenjata Filipinamelakukan operasi militer selama tiga hari berturut-turut di Filipina Selatan. Filipina mengklaim telah menewaskan 36 anggota radikal Abu Sayyaf. Yang di mana di antaranya ada tiga WNI dan satu WN Malaysia.(Mg4/jpnn)