RABU , 13 DESEMBER 2017

Tim PKK Kabupaten Asahan Belajar Hasil Laut di Kecamatan Ujung Tanah

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Jumat , 13 Oktober 2017 21:30
Tim PKK Kabupaten Asahan Belajar Hasil Laut di Kecamatan Ujung Tanah

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara, melakukan kunjungan studi banding dalam rangka belajar pengolahan hasil laut di Kecamatan Ujung Tanah, Jumat (13/10).

“Kunjungan tim TP PKK Kabupaten Asahan Sumatera Utara ke Makassar ingin mempelajari pengolahan hasil laut masyarakat di Kecamatan Ujung Tanah,” kata Camat Ujung Tanah, Andi Unru.

Kunjungan rombongan dari Kabupaten Asahan ini diterima langsung oleh PKK Kecamatan Ujung tanah, kemudian bersama Pokja tiga di Kelurahan Patingalloang, melihat langsung usaha kecil dan menengah (UKM) di wilayah kecamatan pesisir ini.

“Mereka disambut Pokja tiga di Kelurahan Patingalloang. Tim ini salut melihat kreatif UKM warga yang memproduksi hasil pengolahan produk laut disink,” jelasnya.

Lebih lanjut, Unru menjelaskan produksi olahan laut berupa nugget ikan, abon ikan dan produk olahan lainnya dimotori oleh masyarakat sendiri melalui pembinaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

“Ibu-ibu di wilayah ini tergabung dalam Kelompok Wanita Nelayan (KKN) yang juga memberdayakan masyarakat tanpa memandang usia, hingga lansia,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, wilayah Asahan merupakan pesisir, sehingga mereka belajar bagaimana memanfaatkan hasil laut melalui pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan ekonomi.


div>