MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Tim Surpervisi Bank Dunia Kunjungi Sidrap

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 07 September 2012 10:44

RAKYAT SULSEL . SIDRAP – Tim Suvervisi dari Bank Dunia (World Bank) untuk pertama kalinya berkenan menginjakkan kaki di Kecamatan Watang Pulu, Sidrap. Kedatangannya diwilayah yang dipimpin Camat Watang Pulu , Drs. Abdul Waris Sadik, untuk mencanangkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MP).

Abdul Waris mengungkapkan, jika nantinya tim bank dunia akan melakukan share dengan segenap pelaku PNPM MPd. Selain itu, mereka akan meninjau langsung kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) executing Kamboja I, Kelurahan Bangkai, yang diketuai oleh Santi Mahmud dan Kelompok UEP Berkah yang diketuai oleh Mansur.

“Rombongan dari bank dunia yang datang ini terdiri dari, MR Edward, Srikuntari, Arnold, Munir dari Pokja Pengendalian Menko Kesra serta Norman London dari deputi RMCV. Mereka kemudian diterima Sekretaris UPK PNPM MPd Watang Pulu diamini Satker PNPM-MPd Kabupaten Sidrap, dalam hal ini Kepala BPMD Kabupaten Sidrap, Awaluddin,” ujar mantan Lurah Pangkajene ini kepada Harian Rakyat Sulsel , Kamis (6/9) kemarin.

Abdul Waris menambahkan, meski sederhana, tetapi pertemuan langka ini nyaris mengulas tuntas beberapa hal penting seputar kegiatan PNPM MPd di Sidrap, termasuk peran BKAD dan BP-UPK sebagai pendukung UPK, terutama yang diterapkan di UPK PNPM MPd Kecamatan Watang Pulu.

Selain itu, lanjut dia, melalui kerjasama ataupun koordinasi yang terjalin dengan baik selama ini, UPK Kecamatan Watang Pulu, memperoleh stigma positif dimata bank dunia sendiri.

“Prestasi ini tentu atas kerja keras semua pihak. Salah satu bukti keberhasilan itu yakni, UPK Watang Pulu mampu mencatatkan aset produktifnya sebesar Rp1,5 miliar. Dalam proses pergulirannya, juga dipastikan tanpa tunggakan sedikitpun,” terangnya.

Sementara itu, Ketua BKAD PNPM -MP, Mustakim Halede, mengatakan, ada satu hal yang menarik dalam diskusi ini, dimana sejumlah program -program pemberdayaan yang telah dijalankan PNPM- MPd di Sidrap, khususnya di UPK Kecamatan Watang Pulu ini, rupanya menjadi perhatian utama Pemerintah Kabupaten dalam hal ini BPMPD Sidrap.

“Pemerintah siap mengadopsi program Kelompok Usaha Bersama (Kube), seperti bantuan dana bergulir untuk rumah tangga miskin serta penerapan pelatihan-pelatihan untuk pengembangan kelompok usaha dan modal kerja,” ujar Mustakim.

“Program-program yang telah dilahirkan oleh segenap insan PNP MPd ini, sebagaimana dijelaskan Kepala BPMPD Sidrap Awaluddin, siap diterapkan di masing-masing kelurahan/desa nantinya,” tambahnya. (k10/dj/C)


Tag
div>