SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Tim Terpadu Akan Periksa Pejabat Lapas Makassar

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 08 Mei 2017 17:08
Tim Terpadu Akan Periksa Pejabat Lapas Makassar

Lapas Klas 1 Makassar. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kaburnya tiga narapidana yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Gunung Sari Membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum Dan HAM bertindak cepat.

Salah satu caranya adalah dengan membuat tim terpadu yang berunsur dari pemerintah pusat (Kemenkumham) dan Pemprov Sulsel yang akan memeriksa seluruh pejabat dan sipir yang ada di lapas.

“Dengan adanya kejadian itu, kita sudah membentuk tim terpadu untuk memeriksa keadaan dan pejabat-pejabat yang ada di sana,” kata Sahabuddin, Senin (8/5).

Sahabuddin menambahkan, tim tersebut saat ini sudah dibentuk dan segera turun dan mulai melakukan pemeriksaan.

Sementarau, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo akan melakukan koordinasi dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Susel Sahabuddin Kilkoda. Rencana pertemuan itu antara lain membahas sistem keamanan dalam lapas dan langkah strategis yang akan dilakukan termasuk dalam tim terpadu.

“Saya akan coba komunikasi dengan Kanwil di sini, sebelumnya juga kita rutin berkomunikasi, apalagi ini ada kejadian,” katanya.

Menurut orang nomor satu di Sulsel itu, nyaris semua lapas secara normatif melampaui batas yang ada. Hal itu,kata dia menjadi dasar timbulnya permasalahan dilapas sehingga belakangan ini telah marak terpidana melarikan diri.

[NEXT-RASUL]

“Ini sebuah dinamika dan komplekaitas masalah yang ada dilapas, oleh karena itu perang pemerintah daerah sangat dibutuhkan,” katanya.

Kendati demikian, Gubernur dua periode itu menilai kaburnya terpidana mati di Lapas merupakan kejadian (insiden) biasa, jauh berbeda dengan kejadian yang ada di Riau. Namun, sekecil apapun itu, Syahrul tetap sulsel dalam kondisi aman. “Ini hanya insiden biasa, masih ada yang lebih besar,” ujarnya.

Bahkan dalam waktu dekat ini, SYL sapaan akrab Syahrul Yasin Limpo, akan melakukan peninjauan di Lapas untuk melihat apa harus dibenahi. “Kita akan coba tinjau apa-apa yang harus dilakukan,” jelasnya. (***)


div>