SENIN , 18 DESEMBER 2017

Tim Terpadu Masih Inventarisir Fasum-Fasos

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 13 Oktober 2017 12:00
Tim Terpadu Masih Inventarisir Fasum-Fasos

RAWAN. Fasum dan fasos yang menjadi aset pemerintah rawan dimanfaatkan pihak ketiga. (Foto : MDFAJAR/ RAKYAT SULSEL)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tim Terpadu pencari Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) segera melakukan inventarisasi, terhadap 491 fasum-fasos milik Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang diduga telah beralih fungsi. Fasum-fasos ini akan dibagi dalam tiga zona yakni hijau, kuning dan merah.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar, Alham menjelaskan, fasum untuk kategori zona hijau, yaitu fasum yang masih dikuasai oleh pengembang dan akan diserahkan ke Pemkot Makassar untuk dimasukkan dan dijadikan sebagai aset pemerintah.

Sedangkan fasum yang masuk dalam zona merah, ialah Fasum yang dianggap telah beralih, status kepemilikannya. “Juga dianggap telah beralih fungsi,” ucapnya.

Alham menuturkan dalam tim terpadu juga dibagi beberapa tim kerja kecil berdasarkan fungsi dan tupoksinya masing-masing. Tim itu antara lain tim verifikasi dari pihak inspektorat.

Tim tersebut bertugas untuk memverifikasi, serta mendata 491 Fasum, kedalam kelompok kategori berdasarkan zonanya masing-masing.

Ada juga tim sosialisasi bertugas, untuk meminta dan mengambil sejumlah Fasum dari pengembang untuk diserahkan ke Pemkot Makassar, serta dimasukkan dalam daftar aset pemerintah.

“Dari data 491 Fasum, kebanyakan dikuasai oleh pengembang. Ini nantinya yang menjadi tugas tim terpadu, dalam menyita dan mengembalikan fungsi Fasum untuk dikelola pemerintah dan dimanfaatkan masyarakat,” jelasnya.


div>