RABU , 17 JANUARI 2018

Tim Terpadu Ungkap Mafia Fasum Fasos

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 03 Oktober 2017 11:45
Tim Terpadu Ungkap Mafia Fasum Fasos

Walikota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto (Foto: ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tim terpadu yang bertugas mengusut fasum fasos, akan membeberkan temuannya hari ini, Selasa (3/10). Rapat akan dipimpin langsung Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto.

Danny Pomanto mengatakan, temuan tim terpadu akan diserahkan ke pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar. Ia mengakui, sudah menerima banyak laporan dari masyarakat terkait keberadaan fasum fasos tersebut.

“Kami sudah komunikasikan dengan teman-teman yang ada di kejari,” kata Danny, Senin (2/10) kemarin.

Ia mengungkapkan, ada beberapa pengembang yang telah mengembalikan berkas fasum dan fasos, yang nantinya akan ditindaklanjuti. Peran masyarakat juga sangat penting, khususnya dalam melaporkan keberadaan fasum dan fasos.

“Saya setuju kasus itu dilaporkan, tapi harus dilaporkan semua. Jangan pilih-pilih kasus. Dan yang kita hadapi kedepan adalah sabuk hitam, tidak main-main ini. Saya juga akan tambah tim di luar tim terpadu, untuk membantu kita mendeteksi fasum fasos yang seharusnya menjadi milik kita,” tegasnya.

Kepala Dinas Tata Ruang Makassar, Achmad Kafrawi, menambahkan, untuk mengetahui secara pasti fasum dan fasos, harus menggunakan dokumen site plan agar bisa disesuaikan. Meski demikian, penyerahan sejumlah fasum dan fasos itu terkendala peraturan daerah.

“Salah satu masalah dalam serah terima fasum dan fasos adalah regulasi yang menyebutkan, bahwa tidak boleh ada perbedaan apa yang ada di site plan dengan kondisi. Sebenarnya, banyak mau diserahkan tapi tidak sesuai Perda Nomor 9 Tahun 2012,” jelasnya.


div>