KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Tim TP Resmi Laporkan Hakim PTUN ke Komisi Yudisial

Reporter:

Editor:

Niar

Jumat , 28 September 2018 16:49
Tim TP Resmi Laporkan Hakim PTUN ke Komisi Yudisial

int

JAKARTA, RAKSUL.COM- Tim pasangan Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP) resmi melaporkan Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Kota Makassar, ke Komisi Yudisial (KY) Republik Indonesia, Jumat, (28/9/2018). Laporan bernomor 1247/IX/2018/P diterima Adli Ardianto, perwakilan Komisi Yudisial RI.

Ketua Tim, Kaharuddin Kadir, mengatakan, laporan tersebut dilayangkan lantaran hakim PTUN Makassar dinilai telah melanggar kode etik dan pedoman perilaku Hakim.

Gugatan yang dimasukkan ke PTUN Makassar, menurutnya tidak pantas dilanjutkan ke persidangan, pasalnya perkara Pilkada telah diselesaikan di Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konsitusi (MK).

“Kami laporkan Hakim PTUN di Komisi Yudisial terkait adanya sidang sengketa hasil yang dilakukan. Ini merugikan dan menyita waktu kami sebagai pemenang Pilkada sesuai hasil putusan MK,” tegas Kahar.

Menurut Kahar, mestinya PTUN mengkaji lebih dulu, sebelum menerima perkara, harus melihat sisi kelayakan laporan itu.

“Undang-Undang PTUN, apabila ada permohonan yang dimasukan TUN, mesti diperiksa dan mempelajari layak atau tidak,” katanya.

Hal senada juga diungkap Ketua DPC Demokrat Parepare, Rahmat Sjamsu Alam sebagai partai pendukung pada pilkada lalu. Rahmat Syamsu Alam yang bersama tim menyerahkan sejumlah berkas dan mengecek laporan sebelumnya di Komisi Yudisial RI.

“Surat pengaduan sudah diterima yang tentunya MK akan memeriksa laporan. Kita berharap sebelum sidang berikutnya sudah ada jawaban atau putusan dari MK,” harap Ato. (*)


Tag
  • taufan pawe
  •  
    div>