MINGGU , 22 JULI 2018

Timsel: Pendaftar Calon Komisioner KPU di Toraja Tak Penuhi Quota

Reporter:

Cherly

Editor:

Lukman

Senin , 12 Maret 2018 20:00
Timsel: Pendaftar Calon Komisioner KPU di Toraja Tak Penuhi Quota

Suasana penerimaan calon komisioner KPUD di kantor KPUD Toraja Utara hari terakhir, Senin 12 Maret 2018.

TORAJA UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Quota pendaftaran calon komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) untuk kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, tidak terpenuhi. Pasalnya yang mendaftar dan yang mengembalikan formulir tidak mencapai 60 orang, bahkan untuk quota perempuan 30 % juga tidak terpenuhi.

Demikian diungkapkan anggota tim seleksi calon komisioner KPU zona dua (2), Tasrifin Tahara kepada rakyatsulsel.com, di Kantor KPUD Toraja Utara, Senin 12 Maret.

Dikatakannya Tasrifin bahwa untuk Kabupaten Tana Toraja, pendaftar laki-laki 45 dan perempuan 7. Sementara yang mengambil formulir sebanyak 52 orang, namun hingga penutupan, yang mengembalikan hanya 30 orang (laki-laki 23 dan perempuan 7 orang).

Sementara untuk Toraja Utara, yang mengambil formulir 24 pendaftar (laki-laki 22 dan perempuan 2), sementara yang mengembalikan formulir 21 orang (laki-laki 19 dan perempuan 2).

“Ini menandakan bahwa minat masyarakat untuk menjadi penyelenggara pemilu sangat rendah, padahal peluang yang diberikan sangat besar. Misalnya untuk quota perempuan itu 30%. Tetapi yang mendaftar sangat minim. Padahal syarat untuk ikut seleksi tidak berat karena ijasah minimal SMA atau sederajat bisa ikut. Dengan umur minimal 30 tahun dan tidak merupakan anggota atau pengurus partai politik. Sementara waktu yang diberikan untuk mendaftarkan diri 10 hari,” terang Tasrifin.

Untuk zona 2 meliputi kabupaten Toraja Utara, Tana Toraja, Luwu Utara dan Luwu Timur. (*)


Tag
  • KPU Toraja
  •  
    div>