RABU , 14 NOVEMBER 2018

Tingkatkan Kualitas Masyarakat, BKKBN Mamuju Bangun Kampung KB

Reporter:

Sudirman

Editor:

Iskanto

Rabu , 17 Oktober 2018 17:47
Tingkatkan Kualitas Masyarakat, BKKBN Mamuju Bangun Kampung KB

int

MAMUJU, RAKYATSULSEL.COM – Pada pencanangan kampung Keluarga Berencana (KB). Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) , yang ditempatkan di Desa Keang Kecamatan Kalukku, Rabu (17/10).

Diketahui bahwa kerjasama yang dibangun tersebut merupakan kerjasama yang dilakukan untuk mencapai tujuan dari diadakannya program pencanangan kampung KB. Guna untuk menyampaikan dan merealisasikan tiga program BKKBN.

Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Kepala BKKBN Provinsi Sulbar Hj Andi Ritamariani. Kata dia bahwa program kependudukan, tentang bagaimana mengendalikan jumlah penduduk  dengan cara mengatur jarak kelahiran.

“Program  keluarga berencana, bagaimana mengetahui dan mengatur usia kawin idealnya berapa.?, usia melahirkan idealnya berapa..?,” kata dia.

Ia menjelaskan, program pembangunan keluarga dan membangun suatu keluarga yang sejahtera dan berkualitas. Demi mewujudkan ibu yang sehat dan anak yang sehat.

“Tentunya tidak lepas dari kerjasama dan kolaborasi dengan dinas yang terkait. Yakni Dinas Sosial, Dinas Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan,” jelasnya.

Lanjutnya, terkait pencanangan kampung KB tersebut bertujuan membangun bangsa  dimulai dari daerah pinggiran (pembangunan yang dimulai dari desa). Meningkatkan kualitas masyarakat  dan bagaimana membangun karakter bangsa melaui revolusi mental.

“Salah satu pemicu kanker serviks adalah pernikahan anak usia remaja yang ujung-ujungnya melahirkan diusia remaja, dan  peluang untuk meraih pendidikan dan pekerjaan akan tertutup,” terang Andi Ritamariani.

Terkait hal tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Artis Efendi  yang meresmikan Desa Keang sebagai Kampung KB, mewakili pemerintah Kabupaten Mamuju, sangat mengapresiasi program  tersebut. Karena dengan adanya program tersebut  kerjasama antara OPD terkait bisa tersingkronisasi dan terhubung dengan baik.

“Guna untuk mencapai kualitas dan kuantitas hidup, dan dengan model pembangunan tersebut maka apa yang menjadi cita-cita Kabupaten Mamuju pasti akan cepat berkembang dalam 5 tahun pada periode kepemimpinan. Dan tentunya dengan kerjasama antara masyarakat dan pemerintah,” ucap Artis Efendi. (*)


Tag
div>