MINGGU , 27 MEI 2018

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Komite Sekolah di Parepare “Diajari” Perannya

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Rabu , 09 Mei 2018 08:29
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Komite Sekolah di Parepare “Diajari” Perannya

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- demi meningkatkan mutu pelayanan dalam pendidikan, Dewan Pendidikan bersama Pemerintah Kota Parepare menggelar sosialisasi terkait penguatan peran dan fungsi komite sekokah terhadap pencapaian standar nasional pendidikan di Kota Parepare. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hotel Grand Kartika Parepare, Selasa (7/5/2018) yang diikuti oleh Kepala Sekolah dan Komite Sekolah sekota Parepare.

Menurut Ketua Dewan Pendidikan Kota Parepare, Muhammad Nasir, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sharing bersama pihak sekolah dan komite sekolah, sehingga bisa membenahi standar nasional pendidikan.

“Kami mengundang semua pihak untuk melakukan sharing disini, agar kita tahu standar apa saja yang perlu dibenahi,” ujar Nasir.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa jika ada sekolah yang tidak mampu membentuk komite sekolah, maka bisa bergabung dengan komite sekolah lainnya.

“Itu juga sesuai PP yah. Bisa 3 sampai 5 sekolah digabung dalam satu komite agar standar nasional pendidikan bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Standar Nasional Pendidikan yang dimaksud kata dia yaitu, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasaranan, stabdar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, dan Standar Penilaian Pendidikan.

Pada kesempatan ini pula, Nasir mengungkapkan ada perubahan terkait komite sekolah, yaitu pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 75 tahun 2016, Anggota Partai Poltik (Parpol) dan Organisasi tidak diperbolehkan menjadi anggota Komite Sekolah.

“Pada peraturan sebelumnya boleh tapi sekarang sudah tidak boleh. Apabila dilanggar ini akan mempengaruhi legalitasnya, karena yang menandatangani anggaran belanja sekolah itu kepala sekolah dan komite sekolah,” paparnya.

Dia juga berharap, Pemkot Parepare dapat mengevaluasi kembali seberapa jauh standar nasional yang telah dipenuhi.

“Kita sangat ingin, standar pendidikan di Parepare terpenuhi, agar tahun depan bisa diperbaiki. Kita juga akan melakukan pertemuan berkala untuk memenuhi itu,” harapnya.(MP1)


div>