SENIN , 11 DESEMBER 2017

Tingkatkan Minat Mahasiswa Berwirausaha, UMI Gelar Seminar Intrepreneurship

Reporter:

Editor:

Nunu

Kamis , 07 Desember 2017 19:55
Tingkatkan Minat Mahasiswa Berwirausaha, UMI Gelar Seminar Intrepreneurship

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dalam rangka meningkatkan minat mahasiswa dalam berwirausaha, Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Seminar Nasional Intrepreneurship dengan tema “Intrepreneur University Inovasi dan Potensi di Era Digitalisasi”, bertempat di Gedung Aljibra UMI, Kamis (7/12/2017).

Seminar ini menghadirkan pembicara dari Pengusaha Nasional, Dewi Motik dan Ketua Kadin Sulsel, Zulkarnaen Arief.

Zulkarnaen dalam paparannya mengungkapkan Indonesia masih kekurangan pengusaha. Idealnya jumlah pengusaha 3-4 persen dari total penduduk Indonesia. Tapi yang terjadi adalah jumlah pengusaha di negeri ini hanya berkisar 0,3 persen saja dibanding negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

“Jumlah pengusaha di Indonesia masih minim sekali jika di banding dengan negara Malasyia dan Singapura,” ujarnya.

Untuk itu, Zulkarnaen mengajak anak muda untamanya para mahasiswa untuk merebut peluang ini dan keluar dari kampus sudah menjadi pengusaha. “Saatnya mahasiswa merubah polah pikirnya yakni berpikir bagaimana menciptakan peluang kerja bukan untuk bekerja,” tuturnya.

Sementara itu Pengusaha Nasional Dewi Motik mengajak para mahasiswa untuk bijak dalam menyikapi kemajuan teknologi.

Menurutnya, ketersediaan teknologi saat ini membuat peluang berwirausaha semakin mudah. Karena itu, ia juga minta agar teknologi ini turut dimanfaat oleh mahasiswa.

Selain mengajak para mahasiswa untuk berwirausaha, Dewi juga mengungkapkan kekagumannya kepada Rektor UMI Prof Masrurah Moktar. Menurutnya sosok Rektor UMI 2 Priode ini adalah seperti sosok Sitti Khadijah sosok perempuan pengusaha tangguh yang merupakam istri Nabi Muhammad SAW. “Ibu Rektor ini saya katakan Sitti Khadijahnya Makassar,” ungkapnya.

Sedangkan Rektor UMI Prof Masrurah Moktar berharap para lulusan UMI nantinya tidak mencari pekerjaan tapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan menjadi pengusaha kedepannya.


Tag
  • UMI Makassar
  •  
    div>