RABU , 21 NOVEMBER 2018

Tingkatkan Minat Pemilih, KPU Gandeng UNM

Reporter:

Fahrullah

Editor:

Iskanto

Jumat , 09 November 2018 09:00
Tingkatkan Minat Pemilih, KPU Gandeng UNM

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel dan Universitas Negeri Makassar (UNM) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman untuk meningkatkan minat pemilih pada Pemilu 2019 mendatang, di Ballroom menara Phinisi UNM, Kamis (8/11).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel dan Universitas Negeri Makassar (UNM) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman untuk meningkatkan minat pemilih pada Pemilu 2019 mendatang, di Ballroom menara Phinisi UNM, Kamis (8/11).

Ketua KPU Sulsel, Misnah Attas menyampaikan, KPU dalam meningkatkan kualitas penyelenggara pemilu yang memiliki tantangan dan beban yang besar. Menurutnya, salah satu upaya yang bisa dilakukan, melalui kerjasama dengan berbagai pihak, UNM disebutnya diharapkan bisa menjadi bagian dalam meningkatkan kualitas pemilu.

“Salah satu upaya yang dapat menghasilkan penyelenggara pemilu berkualitas melalui sosialisasi dan pendidikan, kita yakin MoU ini dapat meningkatkan kualitas pemilu,” jelasnya.

Agenda penandatanganan MoU sendiri merupakan rangkaian dari KPU Sulsel Goes to Campus.

Komisioner Divisi Data Informasi dan Hubmas KPU Sulsel, Uslimin, mengatakan, jika kegiatan Goes to Campus ini adalah bagian dari sosialiasi KPU untuk meningkatkan minat pemilih di kalangan mahasiswa. “Salah satu tugas mahasiswa, mereka akan menjadi corong KPU untuk ramai ramai datang ke KPU,” kata Uslimin.

Uslimin juga meminta KPU kabupaten/kota untuk merangkul kampus dalam meningkatkan sosialisasi jelang Pileg dan Pilpres. “Kita akan datang ke kampus-kampus yang lain. Begitupula dengan KPU kabupaten/kota bisa melakukan hal yang sama. Dengan demikian tidak ada kekhawatiran krisis SDM,” tuturnya.

Rektor UNM, Prof Husain Syam menyambut baik kerjasama ini, sebab kampus yang dibesutnya menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari KPU untuk meningkatkan kualitas pemilu dan peningkatan SDM.

Menurutnya, sejumlah program akan dilaksanakan yang mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang juga merupakan pilar tridharma perguruan tinggi, tentunya dalam mendorong kualitas demokrasi yang semakin baik.

“Diharapkan dapat menghasilkan penyelenggaraan pemilu profesional dan kampus ikut berkontribusi dalam mengedukasi masyarakat, termasuk mahasiswa UNM akan ikut terlibat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik terkait kepemiluan,” terangnya. (*)


div>