RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Tingkatkan Mutu Pernikahan, Ka. Kanwil Teken MoU dengan BKKBN Sulsel

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 05 Mei 2017 12:02
Tingkatkan Mutu Pernikahan, Ka. Kanwil Teken MoU dengan BKKBN Sulsel

int

Makassar, RakyatSulsel.com – memiliki titik temu dan kesamaan agenda khususnya dalam hal pembinaan Keluarga, BKKBN Perwakilan Sulsel menganggap penting untuk menggandeng Institusi Kementerian Agama RI di Sulsel dalam mensinergikan programnya.

BKKBN Sulsel beranggapan bahwa Kementerian Agama secara faktual melalui para Penghulu dan Kepala KUA serta Penyuluhnya yang tersebar di semua kecamatan bahkan sampai desa kelurahan di Sulsel yang selama ini secara intens melakukan pembinaan kegamaan di bidang kegamaan khususnya yang menyangkut masalah perkawinan. Bahkan BKKBN tertarik dengan prgram Suscatin (Kursus Calon Pengantin) Kementerian Agama yang fokusnya pada pembinaan dan peningkatan wawasan kepada seluruh calon pengantin sebelum memasuki fase pernikahan yang sah.

Sementara BKKBN khususnya di Sulsel memiliki tanggungjawab besar untuk membentuk dan membina keluarga berencana yang fondasi pokoknya terletak pada pernikahan, baik itu masa pra nikah maupun pasca nikah, hal ini menjadi penting karena asusmsi bahwa generasi bangsa ini kedepan bisa lebih baik bila diawali dan dimulai dari kesadaran orangtuanya semenjak mulai membangun sebuah keluarga, jelas kepala perwakilan BKKBN Sulsel.

Kedatangan Ka. Kanwil di Acara BKKBN Sulsel yang dilaksanakan di hotel MaxOne Makassar pada hari kamis, 4 April 2017 ini, menjadi sangat strategis karena menjadi awal dari sebuah grand desain bagi peningkatan mutu perkawinan dan pembentukan keluarga berencana masa depan, karenanya penandatanganan Nota Kerjasama antara Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulsel dengan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Prov. Sulsel Hj. Rini Riantika Djohari, SE ini terkait dengan Pelaksanaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga melalui program Pembinaan dan Penasehatan bagi Calon Pengantin di Sulsel menjadi momentum yang Istimewa.

Tugas Kementerian Agama disini adalah untuk meningkatkan mutu pernikahan / perkawinan guna mewujudkan keluarga sakinah menurut ajaran Islam, yang selanjutnya akan diintegrasikan program tersebut dengan BKKBN di semua Kabupaten Kota se-Sulsel melalui kegiatan Kursus Calon Pengantin yang dilaksanakan oleh penghulu dan Kepala KUA di wilayahnya masing masing dengan jangka waktu kerjasama selama 3 tahun sebagai langkah awal.

Penandatanganan Kerjasama ini disaksikan langsung oleh Kepala BKKBN Pusat Bapak Surya Chandra Surapati yang secara khusus hadir di Makassar untuk sekaligus membuka kegiatan Temu Terampil dan Aksi Kreasi Generasi Berencana (GenRe) tahun 2017 yang dilaksanakan oleh pusat informasi dan konseling kerjasama dengan Pramuka Saka Kencana Tingkat Prov. Sulsel yang menghadirkan peserta sebanyak 186 orang dari seluruh kabupaten kota se-Sulsel.

Kerjasama ini juga akan menyasar ke 306 Kecamatan di sulsel, dimana fokusnya pada program pembinaan keluarga khususnya kepada generasi muda usia pra nikah dengan membangun kesadaran dini dalam menyikapi problematika yang melingkupi remaja saat ini, seperti Perkawinan usia dini, Prilaku Sex Pranikah, serta penyalahgunaan Narkoba yang dikhawatirkan akan merusak dan mengaburkan masa depan generasi muda bangsa ini kedepan.

[NEXT-RASUL]

Ka. Kanwil Kemenag Sulsel sendiri menyambut baik kerjasama ini, karena menurut beliau visi Indonesia Emas kedepan bisa diwujudkan bila pembentukan dan pembinaan generasi mudanya dimulai dari saat direncanakannya Institusi lahir bathin yang bernama Pernikahan atau perkawinan. Karenanya mesin produksi yang akan mencetak generasi emas tersebut sudah harus diberi suntikan kesadaran, wawasan pegetahuan bahkan rencana visi harus dipersiapkan sedini mungkin dan diupayakan dihindarkan dari pengaruh negatif yang menggerogoti mereka di peradaban modern saat ini, papar Ka. Kanwil.

Senada dengan Kakanwil Kemenag Sulsel, Kepala BKKBN Pusat Surya Chandra Surapati dalam sambutannya menyatakan bahwa Program GenRe yang digagas oleh BKKBN ini outputnya juga untuk menyonsong dan membentuk generasi emas Indonesia, agar generasi muda saat ini memiliki kesiapan dan kemampuan untuk membangun NKRI ke depan lebih maju dan bermartabat serta memiliki Kepribadian yang kuat. (wrd)


div>