Kamis, 29 Juni 2017

Tingkatkan PAD, Danny Gandeng BI dan Bank Sulselbar

Selasa , 14 Maret 2017 19:58
Penulis : Muhammad Alif
Editor   : Dhedy

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menggandeng Bank Indonesia (BI) dan Bank Sulselbar untuk mengoptimalkan pembayaran pajak lewat online.

Pertemuan antara Pemerintah kota Makassar bersama BI dan Bank Sulselbar berlangsung di Rumah Jabatan Wali Kota, Selasa (14/3).

Menurut Wali Kota Danny, BI dan Bank Sulselbar akan dijadikan mitra sebagai tempat untuk pembayaran pajak lewat online.

“Harapannya PAD kita bisa meningkat, pengusaha tidak main-main lagi soal pembayaran pajak usahanya. Kerja sama dengan perbankan untuk mendukung itu,” ujarnya.

Olehnya, Danny meminta kepada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar, mengawal wajib pajak dengan sebaik – baiknya.

Tidak hanya itu, wali kota jago arsitek ini menerangkan bukan hanya soal wajib pajak dari swasta yang dioptimalkan, pembayaran pajak non-tunai juga akan dioptimalkan.

Ia juga berharap Dinas Kominfo turut membantu pengawasannya lewat war room, dengan mengintegrasikan pembayaran pajak online dengan operation room.

“Kita manfaatkan war room ini dengan baik, apalagi war room data akan terlindungi dan data bisa real time. Selain itu kita memang harus memanfaatkan keunggulan IT saat ini,” jelasnya.

Ia menyebutkan, saat ini Pemkot telah menjalin kerjasama dengan perbankan yang terintegrasi dengan program Smart City,  diantaranya, Smart Card bagi pegawai Pemkot Makassar yang kartunya dikerjasamakan dengan BRI, ada juga Student Smart Card yang menggandeng BNI.

Sementara, Kepala Bapenda Makassar, Irwan Adnan menambahkan kendala yang dihadapi oleh pihaknya dalam memaksimalkan penarikan pajak lewat online, terkadang pengusaha atau pihak pajak tidak bayar pajak tepat waktu dikarenakan ofline.

“Kami kadang lose potential gara – gara biasa wajib pajak tidak memenuhi kewajibannya karena alasan offline, inilah kendalanya,” pungkas Adnan.(ale)

Berita Terkait