SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Parepare Gelar Kelas Pemilu

Reporter:

Editor:

Niar

Rabu , 12 April 2017 16:27
Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Parepare Gelar Kelas Pemilu

Divisi Hukum KPU Parepare Hasruddin Husain, dan materi tentang Sejarah dan Teknis Penyelenggaraan Pemilu.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, menggelar Kelas Pemilihan Umum (Pemilu) untuk peningkatan kualitas pengetahuan masyarakat tentang demokrasi dan kepemiluan, Rabu (12/04/2017). Kegiatan dilaksanakan di ruang Media Centre KPU Parepare, dan diikuti puluhan peserta dari berbagai elemen masyarakat, yang tersebar pada 22 Kelurahan di Kota Parepare.

Para peserta mendapatkan materi tentang Substansi dalam Penyelenggaraaan Pemilu, yang dibawakan oleh Divisi Hukum KPU Parepare Hasruddin Husain, dan materi tentang Sejarah dan Teknis Penyelenggaraan Pemilu, dibawakan oleh Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilihan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan Hubungan Kelembagaan KPU Parepare, Mursalin Muslimin.

Ketua KPU Parepare, Nur Nahdiyah, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur melihat antusias masyarakat dalam mengikuti Kelas Pemilu tersebut. Karena, kata dia, Pemilu saat ini tidak hanya melibatkan partai politik (parpol) atau politisi saja, namun masyarakat juga mulai ambil bagian. Sehingga, katanya, kegiatan tersebut diharapkan menjadi sarana efektif bagi masyarakat, untuk belajar hal-hal seputar demokrasi dan Pemilu.

“Kegiatan ini salah satu upaya kami dalam mewujudkan pemilih cerdas dan demokrasi yang berkualitas. Selain itu, untuk meningkatkan partisipasi pemilih baik secara kualitas maupun kuantitas, dalam seluruh even politik yang akan dilaksanakan khususnya di Parepare,” katanya.

Dia menjelaskan, kualitas kecerdasan pemilih juga menjadi sasaran dalam kegiatan tersebut. Secara khusus, lanjutnya, untuk memperkenalkan nilai-nilai dasar demokrasi dan Pemilu, menanamkan kesadaran nilai-nilai dalam menjalankan demokrasi, serta meningkatkan pemahaman tentang pentingnya berdemokrasi.

Dia memaparkan, sasaran lainnya yang ingin dicapai yaitu, untuk memotret bakal calon anggota relawan demokrasi dankampung demokrasi, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih.

“Tak kalah pentingnya juga, partisipasi parpol yang ada dalam memberikan informasi dan pendidikan politik, akan berpengaruh pada kualitas penyenggaraan Pemilu. Karenanya, diharapkan supaya parpol bisa terlibat, paling tidak dengan berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu (RPP), untuk berdikusi bersama kami seputar Pemilihan Legislatif (Pileg). Sebab, KPU berharap verifikasi terhadap parpol bisa dilakukan,” ungkapnya.

Sementara, salah seorang peserta, Syahrir, menuturkan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan menambah wawasan seputar Pemilu. Selama ini, tuturnya, Pemilu hanya dikenal sebatas pencoblosan semata, padahal ada banyak hal-hal yang lebih penting untuk diketahui dan diterapkan.

“Mudah-mudahan KPU bisa terus melaksanakan kegiatan serupa, supaya masyarakat mulai sadar akan pentingnya partisipasi dalam setiap pemilihan-pemilihan, yang dilaksanakan di daerah,” tandasnya. (luk)


Tag
div>