KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Panwascam Lau Gandeng Tokoh Masyarakat

Reporter:

Muhammad Iqbal AM

Editor:

Iskanto

Kamis , 18 Oktober 2018 09:50
Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Panwascam Lau Gandeng Tokoh Masyarakat

Panwascam Lau saat melaksanakan koordinasi pengawasan partisipatif melibatkan elemen masyarakat, yakni tokoh-tokoh masyarakat.

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di 14 Kecamatan se-kabupaten Maros mulai melaksanakan koordinasi pengawasan partisipatif di masing-masing wilayah. Koordinasi tersebut melibatkan elemen masyarakat, yakni tokoh-tokoh masyarakat yang ada di tingkat kecamatan yang bertujuan agar pengawasan partisipatif dari masyarakat dapat lebih ditingkatkan.

Panwascam Lau adalah salah satu yang menggelar rapat koordinasi dengan tokoh masyarakat, agama, pemuda dan perempuan, di Rumah Makan Pak Tjomot Maros. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawal pemilu 2019.

Ketua Panwascam Lau, Fitra Wahyudi mengatakan, dengan melibatkan seluruh elemen di masyarakat maka dapat meningkatan pengawasan partisipatif jelang pemilu 2019.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pengawasan masyarakat dalam mengawal Pemilu 2019. Hal ini dibutuhkan karena secara kuantitatif jumlah pengawas Pemilu di tingkat kecamatan dan kelurahan/desa sangat terbatas, sehingga dibutuhkan keterlibatan tokoh-tokoh masyarakat sebagai mitra pengawasan,” tuturnya, Rabu (17/10).

Lebih lanjut, Fitra berharap melalui kegiatan tersebut masyarakat mulai sadar akan pentingnya pengawasan bersama demi menciptakan demokrasi yang bersih.

“Kami berharap melalui kegiatan ini masyarakat mulai membuka mata terhadap pentingnya demokrasi yang bersih, dan dapat menularkan semangat tolak pelanggaran pemilu di masyarakatnya masing-masing, utamanya pencegahan terhadap politik uang dan politisasi SARA,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Maros, Sufirman mengatakan, untuk Rabu (17/10) ada 3 Panwascam menggelar rapat koordinasi.

“Untuk hari ini ada 3 Kecamatan, yakni Lau, Bontoa dan Maros Baru. Kita berharap ini dapat berjalan maksimal, sehingga pengawasan partisipatif di tiap kecamatan dapat ditingkatkan lagi menjelang pemilu yang semakin dekat,” tutur Firman.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa PTPS yang dianggap berprestasi semasa bertugas pada Pilkada lalu, dan kegiatan ini pula dirangkaikan dengan pembacaan ikrar Pemilu Damai. (*)


div>