RABU , 17 OKTOBER 2018

Tingkatkan Produkivitas, Pemprov Bangun Pabrik Kelapa Sawit

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 19 September 2017 13:20
Tingkatkan Produkivitas, Pemprov Bangun Pabrik Kelapa Sawit

SAWIT. Salah seorang pekerja mengangkat buah kelapa sawit. Guna mendukung peningkatan produksi kelapa sawit, Pemprov Sulsel bakal membangun industri kelapa sawit mini di Desa Bone-bone, Luwu Utara. DOK/RAKYATSULSEL. PRODUKSI KELAPA

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kelapa sawit merupakan primadona komoditas Sulsel. Untuk meningkatkan nilai produksinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel bakal membangun industri kelapa sawit mini. Pembangunan pabrik itu direncakan berlokasi di Desa Bone-bone, Luwu Utara.

Kepala Dinas Perkebunan Sulsel, Firdaus Hasan, mengatakan, pembangunan pabrik tersebut bertujuan untuk meningkatkan trend produksi kelapa sawit di Sulsel.

“Kelapa sawit sekali produksi pertiga tahun 20 ton. Maka dari itu kita manfaatkan kebun-kebun yang berada di Luwu Utara agar bisa difungsikan bisa meningkatkan hasil produksinya. Tapi kita sementara jajaki ini,” jelas Firdaus, Senin (18/9).

Hasil produksi kelapa sawit digunakan sebagai olahan minyak bahan bakar serta pupuk. Menurutnya, salah satu poin tambahan lagi adalah bisa mengurangi kelangkaan pupuk di Sulsel.

“Tujuannya kita untuk membantu kembalikan pertanaman saja,” terangnya.
Sementara, Direktur Utama Perusahaan Daerah (Perusda) Agribisnis, Soeprapto Budisantoso, mengatakan, Dinas Perkebunan Sulsel sudah menyetujui rencana pengembangan unit usaha baru itu dengan nilai investasi sebesar Rp10 miliar.

Menurutnya, akan mengembangkan lahan kelapa sawit seluas 500 hektare yang dilengkapi dengan pabrik mini.

“Lokasinya di Luwu Utara. Rencananya mulai dilakukan tahun ini. Sisanya disetujui dengan pembicaraan lebih lanjut Biro Aset, Biro Hukum, dan instansi terkait lainnya,” ucap Soeprapto.


div>