SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Tingkatkan Realisasi Pajak Melalui Layanan Elektronik

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Kamis , 20 April 2017 11:14
Tingkatkan Realisasi Pajak Melalui Layanan Elektronik

int

MAKASSAR, RakyatSulsel.com– Direktorat Jendral Pajak Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (DJP SulselBarTra) mencatat realisasi pajak melalui sistem elektronik Filling (e-Filling), telah menjangkau 475 ribu dari 938 ribu wajib pajak. DJP menargetkan layanan pajak melalui e-Filling minimal mampu mencapai target 689 ribu peserta tahun ini.

Humas DJP SulselBarTra, Haris Bambang mengakui Elektronik Filling (E-Filling) telah melebihi dari capaian target sebelumnya. “Yang sudah masuk itu ada 472,500, itu temasuk yang e-filling 400.000 berarti non e-filling 72,500 dengan melebih target 689 ribu peserta,” ujarnya, Rabu (19/4).

Menurutnya, sistem pemungutan pajak dengan metode self assessment yang telah berjalan selama lebih dari tiga dekade ini telah berhasil menggerakkan tanggung jawab menghitung, memperhitungkan,membayar dan melaporkan pajak oleh masyarakat sendiri. “Sistem ini mengamanatkan bahwa meskipun pelaksanaan pembayaran pajak telah dilakukan melalui mekanisme pemotongan oleh pihak lain, misalnya oleh pemberi kerja para pembayar pajak (Wajib Pajak/WP) tetap berkewajiban menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan,” ujar Haris.

Oleh karena itu, kata Haris meskipun pajak penghasilan (PPH) nya telah di potong oleh pemberi kerja, tetapi para karyawan, pekerja atau pegawai tetap wajib mengisi dan menyampaikan SPT tahunan ke kantor pajak.

“Untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan SPT-nya telah meluncurkan e-filling, suatu cara penyampaian SPT tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website DJP Online (https://djponline.pajak.go.id) atau laman penyedia layanan SPT elektronik,” katanya.

Ia menjelaskan, DJP online adalah layanan pajak online yang disediakan oleh DJP melalui laman dan/atau aplikasi untuk perangkat bergerak (mobile device).

“Adapun penyedia layanan SPT elektronik merupakan pihak yang ditunjuk untuk menyelenggarakan layanan yang berkaitan dengan proses penyampaian e-filing ke DJP, yang meliputi penyedia aplikasi SPT elektronik dan penyalur SPT elektronik,” terangnya.

Dengan e-filing, kata Haris kegiatan mengisi dan mengirim SPT tahunan dapat dilakukan dengan mudah dan efisien, karena telah tersedia formulir elektronik di layanan pajak online yang akan memandu para pengguna layanan.

“Selain itu, layanan pajak online juga dapat diakses kapan dan di mana pun, sehingga penyampaian SPT dapat dilakukan setiap saat selama 24 jam. Dengan e-filing, tidak perlu lagi dokumen fisik berupa kertas, karena semua dokumen akan dikirim dalam bentuk dokumen elektronik,” tandasnya. (D)


Tag
  • e-filling
  •  
    div>