SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Tingkatkan Skill Guru Seni SD, BKKI Maros Gelar TOT

Reporter:

Iqbal

Editor:

asharabdullah

Senin , 13 Agustus 2018 21:30
Tingkatkan Skill Guru Seni SD, BKKI Maros Gelar TOT

Suasana Training of Trainers (TOT) Puisi dan Teater Guru SD se-Kabupaten Maros, di Aula sekretariat BKKI Maros, Jl. Badaruddin Dg. Lira No. 06 Maros, Senin (13/08/2018). (Iqbal/RakyatSulsel)

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Badan Kerjasama Kesenian Indonesia (BKKI) Kabupaten Maros gelar Training of Trainers (TOT) Puisi dan Teater Guru SD se-Kabupaten Maros, di Aula sekretariat BKKI Maros, Jl. Badaruddin Dg. Lira No. 06 Maros, Senin (13/08/2018).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan lomba baca puisi tingkat SD, SMP dan SMA sederajat dan lomba nyanyi nasional tingkat SD tersebut, merupakan upaya yang dilakukan BKKI dalam mendukung peningkatan kemampuan guru seni dan budaya di Kabupaten Maros.

Ketua BKKI Maros, Husni Siame menyampaikan jika upaya ini terkhusus pada bidang puisi dan teater agar ke depannya Maros memiliki bibit unggul yang berkompeten di bidang seni dan budaya.

“Ini adalah upaya kami untuk meningkatkan kemampuan guru seni dan budaya, khususnya dalam bidang puisi dan teater. Sehingga nantinya, di Butta Salewangang ini akan tumbuh bibit-bibit unggul yang berkompeten dalam bidang seni dan budaya,” ujarnya, Senin (13/08).

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Maros, AS Chaidir Syam mengungkapkan, jika anggapan terhadap pelajaran seni dan budaya bagi masyarakat dalam dunia pendidikan harus diubah.

“Mindset kita mesti diubah, karena banyak yang menilai bahwa pembelajaran seni dan budaya itu hanya pelengkap saja dengan penempatan guru yang tak sesuai dengan keahliannya, padahal tak boleh sebenarnya demikia,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Sulsel, A. Muhammad Irfan AB berharap agar kegiatan TOT dapat ditingkatkan bukan hanya kepada guru SD tetapi juga kepada guru SMP dan SMA.

“Saya pribadi berharap agar kegiatan semacam ini tak hanya diberikan kepada guru tingkat SD saja, tetapi juga SMP dan SMA. Pengenalan sejak awal terkait puisi dan teater kepada Siswa SD sehingga pada tingkatan SMP dan SMA bahkan Perguruan Tinggi mereka sudah memiliki bekal,” Tuturnya.

Senada, Ketua Panitia, Syamsul Bakhtiar Assagaf memaparkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembekalan kepada para guru agar memiliki kemampuan teoritis juga praktisi.

“Kegiatan ini pada intinya adalah untuk memberi pembekalan terhadap para guru terkait peningkatan kemampuannya dalam bidang seni dan budaya, agar mereka memiliki kemampuan teoritis dan juga praktisi,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maros, Para seniman Maros, Lory Hendrajaya, Ras Gaffar, DG. Jarre, Sarnawiah Saing, Herawati dan seniman asal Makassar, Jamal Dilaga. (*)


Tag
  • BKKI Maros
  •  
    div>