RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Tingkatkan Wawasan Kebangsaan, YLP2EM Bakal Gelar Dialog Publik

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 18 April 2017 15:41
Tingkatkan Wawasan Kebangsaan, YLP2EM Bakal Gelar Dialog Publik

Samad Syam, Koordinator YLP2EM Kota Parepare

PAREPARE, RAKYATSULSEL- Yayasan Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi dan Masyarakat (YLP2EM) Kota Parepare akan menggelar kegiatan Dialog Publik dengan tema “Meningkatkan Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda dalam Mempertahankan Keutuhan NKRI” di Kota Parepare.

Kegiatan yang bakal menghadirkan Komandan Kodim 1405, Letkol CZI Syarifuddin Sara sebagai pemateri ini, juga akan dihadiri dari berbagai kalangan, seperti tokoh masyarakat, pemuda, agama, organisasi kemasyarakatan/kepemudaan/perempuan, LSM, dan mahasiswa. Kegiatan tersebut akan digelar di Warkop Alif, Kota Parepare, Kamis, (20/4) mendatang.

Menurut Koordinator Program YLP2EM Kota Parepare, Samad Syam, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran di kalangan generasi muda tentang pentingnya wawasan kebangsaan yang terdiri dari empat pilar, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Kegiatan ini juga kita lakukan untuk mendorong keterlibatan tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi masyarakat, oerganisasi kepemudaan/perempuan, LSM dan mahasiswa dalam melakukan upaya penyadaran, pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dalam melindungi dan menjaga empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Kota Parepare,” urainya. Lanjut Samad Syam, juga untuk memperkuat sistem keamanan nasional terhadap upaya inkonsestensi dan penghianatan terhadap bangsa Indonesia melalui empat pilar tersebut.
[NEXT-RASUL]

“Keempat pilar ini, merupakan harga mati yang sangat penting untuk terus ditanamkan kepada generasi muda. Tidak ada dari kita, bahkan berpikir saja tidak, tentang memecah-belah bangsa dengan hal-hal yang tidak seuai dengan falsafah Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945,” terang Samad Syam.

Adapun materi-materi yang akan dibawakan dari unsur TNI tentang Optimalisasi Peran dan Fungsi TNI dalam Memperkuat Sistem Keamanan dan Pertahanan Nasional (NKRI). “Sementara dari akademisi mengenai kegotong-royongan dan kekeluargaan merupakan jati diri bangsa Indonesia, dan dari tokoh pemuda mengenai gerakan pemuda dalam membangun wawasan kebangsaan,” tandasnya. (sps/nia)


Tag
div>