SELASA , 16 OKTOBER 2018

Tinjau Pelayanan PTSP, Soni Puji SIMAP

Reporter:

Al Amin

Editor:

Lukman

Selasa , 24 April 2018 19:20
Tinjau Pelayanan PTSP, Soni Puji SIMAP

Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono meninjau proses kinerja Dinas Tersebut, Senin (23/4).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono menijau Kantor Dinas Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMD-PTSP) Sulsel, Senin (23/04) kemarin.

Pada kunjungan itu, Soni mengecek sistem pelayanan yang ada termasuk Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Administrasi Perizinan (SIMAP) yang dimiliki Dinas PMD.

“Dinas ini merupakan dinas paling primadona, Karen refleksi dari kinerja provinsi di mata masyarakat itu tempatnya di pelayanan,” kata Soni.

Untuk mengetahui bentuk pelayanan publik yang diberikan, Soni menanyakan secara langsung kepada masyarakat yang mengurus izin dan juga kepada para pegawai terkait kendala dan saran yang diberikan.

“Di sini semua sudah sistem online, dapat di jumlah 944 perizinan ada di sini, kemudian semua bentuk perizinan teknis ada di lantai dua gedung ini,” ujar Soni.

Kabid Penyelenggara Pelayanan dan Perizinan, Said Wahab menjelaskan terkait pelayanan SIMAP bahwa semua bentuk pelayanan yang ada di PTSP itu tidak dibebankan biaya apapun sehingga meminimalisir tindakan korupsi.

“Di sini semuanya harus ditangani, baik itu perizinan penelitian hingga perizinan tingkat tinggi tanpa dipungut biaya, dan prosesnya juga tidak lama,” ujarnya.

Dirjen Otonomi Daerah (Otoda) Kemendagri ini juga menanyakan langsung kualitas pelayanan yang dirasakan masyarakat pada seorang warga yang sedang mengurus surat izin impor.

“Saya sedang melengkapi berkas, untuk pengenalan impor umum Pak,” kata Muhammad Tahir, warga yang sedang mengurus perizinan.

Di Dinas yang dipimpin oleh AM Yamin tersebut, juga menanyakan terkait sistem kerja di ruang perizinan termasuk sistem kerja tempat berkumpulnya perwakilan dinas-dinas yang memberikan pelayanan perizinan. (*)


div>