SELASA , 21 AGUSTUS 2018

Tinjau Stadion GBK, Menteri Basuki: Kok Bisa Punya Sendiri Dirusak

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 19 Februari 2018 13:46
Tinjau Stadion GBK, Menteri Basuki: Kok Bisa Punya Sendiri Dirusak

Meteri PUPR saat meninjau Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin (19/2) (Istimewa)

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang baru direnovasi harus ‘babak belur’ usai perhelatan final Piala Presiden 2018 pada Sabtu (17/2) lalu. Rusaknya stadion kebanggaan Indonesia itu tak lepas oleh aksi berlebihan sejumlah oknum suporter Persija Jakarta.

Menanggapi hal itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku heran, karena aset kebanggaan bangsa sendiri justru dirusak.

“Taman kita ada 4,8 hektare, yang rusak sekitar 80 persen. Buat saya bukan (soal kerusakan) itu, karena yang rusak pasti diperbaiki. Siapapun yang bertanggung jawab karena ini punya kita. Bu Menkeu (Sri Mulyani) bilang kalau ini dibangun dengan uang pajak kita semua. Saya cuman heran kok bisa punya kita dirusak sendiri,” ujarnya di Jakarta, Senin (19/2).

Basuki mengaku sempat gelisah saat mempersilahkan GBK untuk dipakai. Kegelisahannya pun terbukti, stadion yang renovasinya menelan dana sekitar Rp 770 miliar itu menjadi babak belur.

Padahal, kedepannya Stadion GBK masih akan digunakan untuk perhelatan Piala AFC.

“Ini yang buat hati saya kenapa ngak merasakan gimana tanggung jawab saya untuk menyelesaikan ini. Silahkan dipakai tapi ternyata malah dirusak. Padahal ke depannya masih ada final AFC 3 kali. Saya lebih khawatir jangan-jangan lebih besar lagi,” jelas dia.

Dia berharap, kejadian ini bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak. Dirinya pun mengimbau agar suporter yang menyaksikan tim kesayangannya bermain di GBK bisa bersikap lebih bijak lagi.

“Kalau saya cuman mengimbau sajaa mbok jangan dilakukan itu, kerusakan apapun pasti kita perbaiki. Tapi apa selalu begitu? Kita ingin pengen lebih baik, kita monitor,” pungkasnya.

(hap/JPC)


div>