Minggu, 20 Agustus 2017

Tips Memilih dan Memakai Sepatu Safety

Selasa , 14 Maret 2017 13:08

Ketika Anda diharuskan menggunakan sepatu safety bukan berarti harus mengorbankan kenyamanan demi keselamatan. Berikut ini adalah lima tips yang dapat dilakukan demi perlindungan kaki dan sekaligus kenyamanan.

Pastikan Sepatu Cukup Panjang

Kesalahan pertama saat membeli sepatu adalah ukuran yang terlalu pendek dan lebar. Ketika orang mencoba sepatu safety seperti sepatu safety king, sepatu safety cheetah bahkan sepatu merek lainnya biasanya mereka merasa jari kaki menggesek pelindung jari pada sepatu. Sehingga merasa membutuhkan sepatu yang lebih lebar, padahal yang dibutuhkan adalah ukuran sepatu yang lebih panjang. Padahal jika sepatu lebih lebar akan membuat kaki bergeser ke bagian depan sepatu dari belakang. Sehingga justru membuat kaki tak nyaman.

Kenakan Kaus Kaki yang Layak

Kaus kaki khusus yang dirancang untuk digunakan pada sepatu safety dapat membuat perbedaan yang signifikan pada kaki. Jangan takut untuk menghabiskan dana lebih demi membeli sepasang kaus kaki yang bagus. Toh Anda akan mengandalkan kaki seharian, sehingga jangan terlalu pelit dengan kaki sendiri. Kaus kaki khusus yang dibuat untuk sepatu safety memiliki bantalan tambahan di bagian  jari, sehingga terasa lebih empuk saat digunakan. Sekali Anda menggunakan kaus kaki yang berkualitas, tentu Anda tak ingin mencoba kaus kaki biasa lagi.

Beli ganjalan dalam sepatu sebelum membeli sepatu safety

Ganjalan dalam sepatu dapat memberikan kenyamanan yang sangat tinggi. Tetapi Anda perlu mengepaskan ganjalan sepatu tersebut dengan sepatu safety. Jadi lakukan riset dan beli ganjalan dalam sepatu, kemudian bawa dan coba sepatu dengan ganjalan sepatu tersebut di dalamnya. Jika sepatu tersebut memiliki ganjalan dalam yang dapat dilepas, copot dan ganti dengan ganjalan dalam yang telah dibeli. Pada umumnya harga ganjalan dalam sepatu yang kualitasnya bagus ada di kisaran Rp 250 ribu sampai Rp 500 ribu. Ganjalan dalam sepatu dengan harga di bawah itu kemungkinan justru akan membuang-buang uang saja.

Gunakan sepatu safety yang berkualitas

Jika Anda hanya membutuhkan sepatu safety tersebut hanya untuk beberapa hari saja, tentu Anda bisa membeli sepatu dengan harga yang murah. Tetapi jika Anda akan memakainya secara rutin sekitar 8-12 jam per hari, 5 hari seminggu maka gunakan sepatu safety yang berkualitas. Harga sepatu safety yang berkualitas tinggi kisarannya adalah Rp 1,5 juta sampai Rp 2,5 juta. Sepatu Anda merupakan bagian penting dari perlengkapan yang dikenakan, sehingga sepatu yang lebih baik dapat memberikan kenyamanan dan kesehatan bagi kaki.

Pastikan sepatu terbuat dari kulit dan bukan imitasi. Tetapi bukan lantas Anda harus membelanjakan uang sekitar Rp 4 juta demi sepatu kulit yang keren. Dan jangan juga menghindari membeli sepatu dengan harga Rp 600 ribuan demi menghemat tanpa mempedulikan keselamatan dan kenyamanan kaki.

Pilih sepatu dengan perlindungan baja untuk jari kaki.

Bagi banyak orang, sepatu dengan perlindungan baja pada jari kaki merupakan pilihan yang tepat. Jenis sepatu ini menawarkan penutup jari kaki dari baja yang tinggi dan lebar, sehingga memberikan ruang di sekitar wilayah jari kaki. Teknologi pelindung jari kaki dari baja tersebut telah memungkinkan sepatu diproduksi secara lebih ringan dan tipis.

Nah sekarang cukup tambahkan kaus kaki berkualitas dan ganjalan dalam yang bagus, maka kaki pun nyaman seperti tak sedang menggunakan sepatu safety pastinya. Tentu saja sampai Anda menjatuhkan sesuatu ke kaki, maka Anda pun sadar sedang memakai sepatu keselamatan, karena kaki Anda tetap aman!