RABU , 12 DESEMBER 2018

TNI AU Siaga Hadapi Ancaman Baru

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

Lukman

Senin , 09 April 2018 19:00
TNI AU Siaga Hadapi Ancaman Baru

Kepala Staf Komando Operasi (Kaskopsau) II Marsma TNI Julexi Tamboyang, saat memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Udara ke 72.

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Udara ke 72, segenap jajaran TNI AU menggelar upacara yang diikuti seluruh anggota militer dan PNS Makoopsau II, Kosekhanudnas II Lanud Sultan Hasanuddin Wing 2 Paskhas, Denhanud 472 dan batalyon Komando 466 Paskhas.

Kepala Staf Komando Operasi (Kaskopsau) II Marsma TNI Julexi Tamboyang, yang bertindak sebagai Inspektur upacara menuturkan, saat ini perkembangan lingkungan stategis serta pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan memicu munculnya ancaman baru dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Bukan hanya itu, hubungan antar negarapun seakan tanpa batas. Hal ini menyebabkan tantangan yang dihadapi angkatan udara semakin berat. Karenanya untuk menghadapi semua itu, TNI angkatan Udara harus memiliki kemauan, tekad dan komitmen untuk mewujudkan hasil yang optimal.

“Dengan kemampuan TNI Angkatan Udara yang dimiliki, kita harus bisa dan memiliki komitmen untuk menjaga bangsa dan negara ini dari ancaman baru dalam tatanan kehidupan bernegara. Karena tanpa komitmen yang kuat, maka tantangan yang berat itu akan sulit dihadapi,” katanya dihadapan TNI Angkatan Upacara yang mengikuti upacara, Senin pagi.

Julexi yang membacakan amanat Kasau juga menyampaikan, dalam membangun kekuatan udara yang diinginkan tidak bisa dalam waktu sekejab. Serta tak mungkin menunggu musuh datang menyerang atau mengeksplorasi potensi yang ada di wilayah dirgantara nasional. Namun perlu sebuah konsep stategis dengan elemen yang terkait.

Di hari jadi ke 72 ini, TNI AU tidak hanya mengupas mengenai komitmen menjaga negara Indonesia. Tapi juga berkomitmen untuk meningkatkan kesejaheraan prajurit TNI AU.

Usai pelaksanaan upacara Marsma TNI Angkata Udara Julexi menegaskan kepada awak media, jika TNI AU berupaya terus mengsejahterakan prajurit TNI AU. Melalui program membangun 1.000 unit rumah non dinas melalui tabungan wajib perumahan. Serta meningkatkan remunirasi serta membangun postur TNI AU yang lebih kuat melalui pembentukan Komando Operasi TNI AU III.

“Jadi TNI AU berupaya untuk menghindari adanya pensiunan TNI tapi masih menempati rumah dinas. Makanya untuk menghadapi itu, kita sudah memulai meminta kepada prajurit untuk menabung melalui tabungan wajib perumahan. Ada sekitar 1.000 unit rumah. Bangunannya tersebar di beberapa provinsi. Bukan hanya disini saja, karena TNI jugakan berasal dari seluruh Indonesia,” ujarnya kepada awak media.

Sementara itu, Kepala Penerangan Lanud Sultan Hasanuddin Mayor Sus Moh Agus Salim menambahkan, dalam rangka kegiatan HUT TNI AU ke 72 ini, memiliki banyak rangkaian kegiatan. Beberapa diantaranya adalah menggelar air force run, drag race, statick show, terjun payung. Dia berharap kegiatan yang dibuka untuk umum ini dapat dimeriahkan oleh masyarakat Sulsel.

“Rangkaian acaranya nanti tanggal 28 April mendatang. Kegiatan itu terbuka untuk umum. Kita berharap, warga Maros, Makassar dan sekitarnya dapat menikmati beberapa atraksi persembahan TNI AU,” jelasnya. (*)


div>