RABU , 21 NOVEMBER 2018

TNI dan Polri Gelar Sweeping

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 26 Februari 2016 15:37

MAMUJU UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Guna mempersempit ruang gerak dan mengantisipasi masuknya Orang Tidak diKenal (OTK) dari wilayah Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah serta mengantisipasi perkembangan situasi (Bangsit) di wilayah Kabupaten Mamuju Utara, Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, ini merupakan wilayah binaan Kodim 1418 Kabupaten Mamuju.

Untuk menindak lanjuti perintah dari Komando Atas, Komandam Kodim (Dandim) 1418 Kabupaten Mamuju, telah memerintahkan seluruh personil Kodim 1418 Kabupaten Mamuju untuk bergabung bersama-sama dengan aparat Polres Kabupaten Mamuju Utara dan Kabupaten Mamuju serta Yonif 721 Makkasau. Guna melaksanakan sweeping dan pemeriksaan kendaraan beserta orang yang melintas di wilayah Kabupaten Mamuju Utara, Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat.

Sweeping ini dilaksanakan sesuai dengan dasar yakni Telegram Panglima TNI Nomor TR/25/2016 tanggal 21 Desember 2015 tentang perpanjangan penugasan kembali Satuan yang telah purna tugas pada Operasi Camar Maleo IV diperpanjang waktu penugasannya pada Operasi Tinombala TA. 2016, Surat Telegram Kasad Nomor STR/1250/2015 tanggal 21 Desember 2015 tentang perintah untuk merencanakan dan menyiapkan personel jajarannya tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) untuk merotasi Satuan Tugas (Satgas) lama yang sedang bertugas di Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah, Perintah Lisan Pangdam VII/Wirabuana pada tanggal 23 Februari 2016 tentang pelaksanaan kegiatan untuk mempersempit ruang gerak Orang Tidak diKenal (OTK) dari wilayah Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah dan Surat Telegram Danrem 142/Tatag tanggal 23 Februari 2016 tentang pelaksanaan sweeping kendaraan bersama aparat Kepolisian di wilayah Kabupaten Mamuju Utara, Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat.

Adapun pasukan yang melaksanakan sweeping dan pemeriksaan kendaraan bagi orang yang melintas di wilayah Kabupaten Mamuju Utara, Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. dengan tujuan untuk mempersempit ruang gerak dan mengantisipasi masuknya Orang Tidak diKenal (OTK) dari wilayah Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah serta mengantisipasi perkembangan situasi (Bangsit) di wilayah Kabupaten Mamuju Utara, Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. yang merupakan wilayah binaannya Kodim 1418/Mamuju, adalah Personil Kodim 1418/Mamuju sebanyak 100 personil, Wilayahnya Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat sebanyak 53 personil, Koramil 1418-01/Mamuju : 16 personil Dipimpin Kapten Inf Simon Minggu (Danramil 1418-01/Mamuju).

Koramil 1418-02/Tapalang, 16 personil Dipimpin Kapten Inf Muh. Bahtiar (Danramil 1418-02/Tapalang). Koramil 1418-03/Kalukku 21 personil dipimpin Kapten Inf Alwi Wahyudin (Danramil 1418-03/Kalukku).

Adapun di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat sebanyak 22 personil Koramil 1418-04/Budong-budong dipimpin Lettu Inf Kaharuddin (Danramil 1418-04/Budong-budong), Wilayah Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat sebanyak 26personil, Koramil 1418-05/Pasangkayu 25 personil dipimpin Kapten Arm Muh Saleh (Danramil 1418-05/Pasangkayu). Perwira Penghubung (Pabung) Mamuju Utara Kodim 1418/Mamuju (Mayor Arh Rosadi, S.Pd). Personil Kepolisian Resor (Polres) Mamuju Utara dipimpin Iptu Muh. Akhir (Kaur Lantas Polres Mamuju Utara). Personel BKO Yonif 721/Makkasau sebanyak personil dipimpin oleh Lettu Inf Said (Dankipan-A Yonif 721/Makkasau).

Pelaksanaan kegiatan sweeping dan pemeriksaan kendaraan bagi orang yang melintas di wilayah Kabupaten Mamuju Utara, Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat guna mempersempit ruang gerak dan mengantisipasi masuknya Orang Tidak diKenal (OTK) dari wilayah Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah serta mengantisipasi perkembangan situasi (Bangsit) di wilayah Kabupaten Mamuju Utara, Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Sweeping mulai hari Selasa 23- 24 Februari 2016, pada pukul 09.45 Wita, di wilayah Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat, dilaksanakan Cipta Kondisi Gabungan Personil Koramil 1418-05/Pasangkayu dan Perwira Penghubung (Pabung) Mamuju Utara Kodim 1418/Mamuju beserta Personil Polres Mamuju Utara telah melaksanakan pemeriksaan surat-surat kelengkapan kendaraan dan identitas tanda pengenal, pemeriksaan ini juga adanya informasi Kelompok Santoso akan melintas di wilayah Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat.

Alhamdulillah selama pemeriksaan berlangsung belum ada perkembangan situasi (Bangsit) maupun indikasi yang ditemukan dilapangan.” Seeping ini akan berlangsung sampai dengan adanya perintah pencabutan dari Komando Atas.” tegasnya.


div>