JUMAT , 15 DESEMBER 2017

Pertemuan Para Pemimpin Islam Perempuan

Reporter:

Muh Rusman

Editor:

asharabdullah

Rabu , 01 November 2017 11:37
Pertemuan Para Pemimpin Islam Perempuan

Konsul Jenderal Australia Untuk Indonesia Timur, Richard Matthews (kiri) dan Tokoh Perempuan Sulsel di Gedung IMMIM Makassar, Rabu (1/11). Foto: Muh. Rusman

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Perwujudan kesetaraan gender dalam berbagai aspek kehidupan perempuan memang masih menjadi permasalahan bagi sejumlah negara khususnya Indonesia dan Australia.

Oleh karena itu, Tokoh Perempuan Sulsel, Rektor UMIĀ Prof Dr Masrurah Mochtar MA, dan Rektor UIM Dr Ir Majdah M Zain Msi dan lain sebagainya bertukar pikiran Dubes Australia Untuk Perempuan dan Anak Dr. Sharman Stone di Gedung IMMIM Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Rabu (1/11).

Konsul Jenderal Australia untuk Indonesia Timur, Richard Matthews yang turut hadir pada pertemuan itu mengatakan, pihaknya bertukar pikiran soal kesamaan gender dengan Tokoh Perempuan Sulsel adalah momen tepat dalam menggali potensi dan budaya perempuan kedua negara.

Ia menceritakan kondisi kesamaan gender di Australia kurang lebih sama dengan Indonesia. Yakni perempuan belum sepenuhnya diberikan tempat yang sama dengan kaum pria dalam berbagai posisi strategis.

Richard Matthews memandang, adanya kemiripan kondisi kesamaan gender tersebut maka sangat tepat dibahas bersama dengan kaum ibu-ibu dari organisasi Islam di Sulsel yang difasilitasi Konsulat Jenderal Australia untuk Indonesia Timur di Makassar.

“Namun saat ini, pemerintah Australia mulai memberikan ruang kepada kalangan perempuan untuk menduduki posisi strategis pada bidang urusan luar negerinya,” ujarnya.

Tetapi pada bidang tertentu pula, lanjut dia, perempuam masih dimarginalkan sebagaimana yang terjadi di Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut aktivis perempuan Australia berkeinginan menimba ilmu melalui organisasi aisyiah di Sulsel yang dianggap kelompok perempuan terbesar yang sedang intens memperjuangkan kesamaan gender di Indonesia.


div>