SENIN , 23 JULI 2018

TP Menang di Data Quick dan Real Count, FAS Bertengker di Real Count

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Kamis , 28 Juni 2018 12:53
TP Menang di Data Quick dan Real Count, FAS Bertengker di Real Count

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare saling klaim kemenangan dalam Pemilihan Wali Kota Parepare, Rabu, (27/6/2018) kemarin. Hanya saja sumber keakuratan data kedua pasangan calon (paslon) Taufan-Pangerang (TP) dan Faisal-Asriadi (FAS) berbeda-beda.

Paslon TP nampaknya memiliki data akurat karena menggunakan data pembanding yang menguatkan antara data yang diperoleh dari real count KPU atau form C1, serta hasil quick count dari lembaga survei yang diakui KPU, seperti Celebes Research Centre (CRC). Selain iti quick count dari sejumlah media daring, seperti fajar online,  dan google yang menguatkan kemenangan TP.

Sementara, paslon FAS juga mengklaim kemenangan dengan berdasar pada real count KPU atau form C1, namun tak dikuatkan dari quick count lembaga survei yang diakui keabsahannya oleh KPU.

Berdasarkan data real count KPU atau C1 yang dirilis TP, paslon nomor urut 1 ini mendapat perolehan suara 51.27 persen, sementara FAS 48.73 persen. Data ini sama dengan perolehan quick count versi CRC, yaitu TP 51.27 persen, dan FAS 48.27 persen.

“Validasi data kami tidak diragukan karena ini real count bersarkan form C1 KPU. Lalu kita sandingkan dengan hasil quick count CRC, hasilnya sama, jadi menguatkan,” ungkap Taufan Pawe, Calon Wali Kota Parepare.

Sementara FAS, dengan versi real countnya merilis kemenangan TP  48.18 persen, dan FAS 51.82 persen. (*)


div>