KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

TP Satu dari Dua Wali Kota di Indonesia Terima Satya Lencana Wira Karya

Reporter:

Editor:

Niar

Rabu , 13 Desember 2017 18:46
TP Satu dari Dua Wali Kota di Indonesia Terima Satya Lencana Wira Karya

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Pemerintah dan masyarakat Kota Parepare patut berbangga atas disematkannya tanda penghormatan kepada Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, dari Presiden RI, Joko Widodo melalui Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

Penghargaan dan tanda kehormatan berupa Satya Lencana Wira Karya yang diserahkan bertepatan pada Peringatan Hari Nusantara tahun 2017 tingkat Nasional di Pelabuhan Kota Cirebon, Rabu, (13/12/2017) merupakan penghargaan yang diberikan kepada Taufan Pawe, satu dari dua Wali Kota yang ada di Indonesia.

Piagam penghargaan dan penyematan tanda kehormatan tersebut diberikan kepada Taufan Pawe atas dedikasinya yang dianggap berhasil dalam pengelolaan, pengembangan dan pembangunan kelautan melalui rencana aksi dan tindakan nyata sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdako Parepare, Amarun Agung Hamka menguraikan, tanda kehormatan tersebut berdasar Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 124/TK/Tahun 2017 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya.

Dalam lampiran Keputusan Presiden RI tersebut, memuat daftar nama pejabat daerah yang memperoleh tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya yang hanya diberikan kepada 2 Gubernur, 5 Bupati dan 2 Walikota se-Indonesia. Masing-masing, yaitu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Bupati Probolinggo Hj P Tanriana Sari, Bupati Bone A Fashar Padjangi, Bupati Pacitan Indarto, Bupati Pati Haryanto,Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, dan Walikota Parepare HM Taufan Pawe.

Khusus untuk Bupati Bone kata Hamka, penghargaan tersebut tidak diberikan lantaran tanda kehormatan tersebut wajib dihadiri langsung Bupati, bukan perwakilannya.

“Namun dikarenakan Bupati Bone Bapak DR. H.A. Fashar Padjalangi, M.Si berhalangan hadir, walaupun ada yang mewakili sehingga penghargaan tersebut tidak diserahkan karena pihak Setmil Presiden menyatakan tidak boleh diwakilkan,” tulis Hamka, via WhatsApp yang ikut mendampingi Wali Kota Parepare menerima penghargaan itu.

Dari daftar nama Pejabat daerah tersebut, Wali Kota Parepare merupakan satu dari dua Wali Kota di Indonesia yang diakui telah berhasil mengembangkan pembangunan kemaritiman, selain Wali kota Pariaman Mukhlis Rahman.

“Ini merupakan penghargaan bidang kemaritiman atas dedikasi Pak Wali untuk kesejahteraan masyarakat pesisir, sedianya diserahkan oleh Mendagri namun karena Presiden bertolak menghadiri KTT OKI di Istanbul, Turki,” lanjut Hamka.

Mantan Lurah Labukkang ini juga memaparkan prestasi ini, menambah panjang deretan penghargaan yang diterima Taufan Pawe selama 4 Tahun 1 Bulan 13 Hari kepemimpinannya.

“Ini penghargaan yang ke 109 setelah Senin Kemarin Parepare juga dianugerahi Kota cerdas, Rating Ekosistem Teknologi Financial di Jakarta, sebuah kebanggan tersendiri bagi masyarakat Kota Parepare,” detail Hamka.(nia)


div>