SELASA , 16 OKTOBER 2018

TPA Antang Bakal Disulap Bintang Lima

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 26 Januari 2016 15:01

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Persoalan yang hingga saat ini menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi Pemerintah Kota Makassar adalah penataan dan pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Antang Tamangapa Makassar.

Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto terus memperlihatkan komitmennya dalam mengurusi sampah di kota ini. Karena itu saat ini walikota berlatar belakang arsitek ini tengah intens merancang desain perombakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang sehingga layak dan berkelas.

“Saya tidak ingin main-main dalam urusan sampah di kota ini. Kami sudah melakukan foto satelit dan tengah merancang sebuah TPA bintang lima di tempat itu,” ucap Danny sembari memperlihatkan foto satelit TPA Antang berukuran 1×60 cm di ruang rapat Rumah jabatannya, Minggu (24/1) malam lalu.

Tampak foto satelit yang diperlihatkan Danny telah dibubuhi garis-garis di atasnya menunjukkan sekema perombakan yang akan dilakukan di TPA tersebut. Rancangan ini merupakan hasil karya Danny sendiri.

“Tidak apa-apa desainnya free (gratis) karena niat kita memang ingin melakukan perbaikan dengan cepat. Dari pada harus menunggu anggaran untuk jasa desain terlalu lama. Mending saya kerja saja sendiri,” ucapnya.

Beberapa SKPD terkait seperti Kadis PU, Kabag Pertanahan dan Camat Manggala tampak ikut mendampingi Danny.

Dari rancangan tersebut terlihat TPA Antang akan memiliki akses jalan tersendiri sehingga tidak lagi menjadi kendala bagi mobil sampah untuk mengangkut muatannya ke tempat tersebut. Selain itu, juga terlihat beberapa perluasan lokasi hingga mencapai 15 hektar.

Dikatakan, pemerintah harus bertindak tegas agar kondisi TPA bisa cepat terkendali dan berfungsi dengan maksimal. Pemkot sengaja melibatkan TNI-Polri dan ormas agar bersama-sama melakukan kerja bakti dan gotong royong agar TPA bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

“Saya janji tangani langsung,” jelasnya. Dia menambahkan, Pemkot Makassar juga akan mempercepat tender pembebasan lahan untuk menambah luas areal TPA seluas 15 hektar. Total
luas lahan TPA nantinya menjadi 21 hektar dengan anggaran Rp15 miliar.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pengerjaan Jalan dan Jembatan Dinas PU Makassar, Muhammad Darlis, mengatakan proyek pengembangan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang di Kecamatan Manggala akan dilelang, Februari 2016. Saat ini, Daftar Dokumen Pekerjaan (DPA) proyek itu
sedang disusun sebelum tender dimulai.

“Kalau proses tender sudah dilaksanakan, itu butuh 28 hari baru selesai. Setelah semua clear keluarlah surat perintah pekerjaan (SPK). Jadi paling lambat pengerjaannya bulan tiga (Maret),” ujarnya.

Darlis menjelaskan, lelang proyek TPA itu berupa pembangunan jalan dan pembenahan area TPA.

“Proyek itu sementara dirancang. Jika tak meleset, pembangunan dua jalur menuju TPA membutuhkan dana sekitar Rp 11,7 miliar. Sedangkan untuk panjang dan lebar jalan, kata dia, masih dihitung sesuai anggaran yang ada,” katanya.


Tag
  • TPA Antang
  •  
    div>