RABU , 12 DESEMBER 2018

Transaksi Gunakan e-Money Masih Minim

Reporter:

Rusman

Editor:

asharabdullah

Jumat , 23 Maret 2018 09:30
Transaksi Gunakan e-Money Masih Minim

Bank Indonesia. (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sulsel yang menjadi salah satu daerah sasaran Bank Indonesia (BI) terkait penggunaan e-money atau uang elektronik untuk bertransaksi. Namun, hingga saat ini dianggap masih minim masyarakat Sulsel yang menggunakannya karena banyak faktor.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel, Bambang Kusmiarso mengakui, hal itu dengan alasan tidak mudah seperti membalik telapak tangan soal mainset atau pola pikir masyarakat.

Bank Indonesia terus mensosialisasikan kepada instansi pemerintah maupun masyarakat secara umum soal keunggulan uang elektronik untuk bertransaksi atau berbelanja.

Bambang mengatakan, salah satu keunggulan uang elektronik adalah jaminan keamanan dan praktis karena tidak membawa uang tunai.

Diakui, masyarakat Sulsel yang berada di pedesaan masih sulit dijangkau akibat kurangnya akses informasi, sehingga sangat wajar kurang memahami soal penggunaan uang elektronik ini. Hanya saja suatu saat masyarakat Sulsel akan menggunakannya setelah memahami manfaat dan keunggulan uang elektronik ini.

“Mengubah mainset atau kebiasaan masyarakat untuk langsung menggunakan uang elektronik tentunya butuh waktu. Tidak semudah membalik telapak tangan,” tuturnya.

Faktor lain yang menjadi kendala adalah masih kurangnya sarana prasarana yang disediakan tempat perbelanjaan di Sulsel khususnya di daerah kecamatan dan mungkin juga di ibukota kabupaten.

Lalu kebiasaan masyarakat bertransaksi menggunakan uang tunai belum bisa langsung diubah, sehingga membutuhkan waktu. Ditambah wilayah yang luas dan jumlah penduduk mencapai puluhan juta jiwa tersebar di sejumlah kabupaten/kota.

“Beberapa faktor inilah yang menyebabkan penggunaan uang elekttonik di Sulsel masih minim,” bebernya.

Bambang tetap optimis program penggunakan uang elektronik agar sampai kepada masyarakat melalui sosialisasi secara kontinyu dengan melibatkan instansi pemerintah kabupaten/kota. Instansi inilah nantinya diharapkan mengsosialisasikan kepada masyarakat di daerahnya. (*)


Tag
  • e-Money
  •  
    div>