RABU , 22 AGUSTUS 2018

Triple J Adakan Dialog Terbuka di Pinrang

Reporter:

Editor:

hur

Senin , 04 April 2016 14:15
Triple J Adakan Dialog Terbuka di Pinrang

Anggota DPR RI, Jamaluddin Jafar Jerre, Bakal calon Bupati Pinrang pada Pilkada 2018 mendatang, menjadi keynote speech dalam dialog terbuka Pembangunan Pinrang ke depan.

PINRANG, RAKYATSULSEL.COM – Pembangunan infrastruktur desa, pemberdayaan dan peningkatan kapasitas warga desa di Pinrang, menjadi lokus materi pada dialog terbuka yang dilaksanakan H Jamaluddin Jafar Jerre, Anggota DPR RI yang juga salah satu Bakal Calon Bupati Pinrang di Aula Hotel Syariah Atiqa Pinrang, Senin (4/4).

Dialog terbuka dengan tema menyamakan persepsi untuk kemajuan Pinrang ke depan ini, diikuti sejumlah akademisi, aktivis LSM dan wartawan di daerah ini. Selain Jamaluddin yang menjadi nara sumber, juga hadir Mahmuddin dari Aktivis LSM, dan Ridwan, tokoh Pemberdayaan masyarakat, serta Herman Sakka, politikus Partai Golkar, dengan moderator adalah tokoh akademisi Dr Fahri Halim.

Jamaluddin menjelaskan, tujuan dialog terbuka ini adalah untuk menggali dan menyamakan persepsi dalam membangun daerah demi kemajuan Pinrang ke depan. Menurut Jamal, peserta dialog ini merupakan orang-orang kapabel yang banyak mengetahui kebutuhan dan keinginan masyarakat Pinrang. Karenanya, dialog ini penting guna menjaring kebutuhan masyarakat sebagai bahan masukan untuk menyusun program pembangunan Pinrang ke depannya.

Ridwan dalam paparannya, lebih menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur desa/kelurahan. Menurutnya, ada tiga aspek yang perlu menjadi perhatian dalam pembangunan infrastruktur desa ini, yaitu pembangunan sarana dasar, sarana umum, dan sarana produktivitas.

“Masyarakat harus diberi kewenangan untuk terlibat dalam proses perencanaan pembangunan di desa. Karena selama ini, banyak fasilitas infrastruktur yang ada tidak dinikmati masyarakat. Itulah pentingnya pelibatan masyarakat dan usulan pembangunan yang diajukan jangan karena kepentingan per individu atau golongan,” kata Ridwan.

Sedang Mahmuddin lebih fokus pada pembangunan bidang peternakan, pertanian dan perkebunan yang selama ini menjadi basis dasar bagi sektor perekonomian Pinrang.


div>