SENIN , 21 MEI 2018

Triwulan I, PKB Bapenda Sulsel Capai 23 Persen

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 03 Mei 2017 17:11
Triwulan I, PKB Bapenda Sulsel Capai 23 Persen

Kepela Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel, Tautoto Tana Ranggina saat mempaparkan hasil evaluasi triwulan I di kantor Bapenda Sulsel, Rabu (3/5). foto: Ashar/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel pada triwulan I 2017 telah mencapai target pajak kendaraan bermotor (PKB) sebesar Rp 246 miliar lebih dari target Rp 1 miliar lebih atau sebesar 23,35 persen.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel Tautoto Tana Ranggina mengatakan, meski perolehan PKB menggembirakan, pajak rokok belum memperlihatkan hasil menggembirakan karena masih menunggu pajak bagi hasil dari pemerintah pusat. Target pajak rokok tahun ini sebesar Rp 600 miliar.
Mantan Plt Bupati Toraja Utara ini menambahkan, realisasi pajak  tertinggi adalah pajak air permukaan sebesar Rp 21 miliar lebih, dari target sebesar Rp 74 miliar lebih atau mencapai 28,84 persen. Sementara realisasi pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) mencapai Rp 128.miliar lebihdari target Rp 546.miliar lebih atau 23,57 persen. Retribusi daerah dan pendapatan lain-lain baru mencapai Rp 76.miliar lebih, dari target sebesar Rp 409.miliar lebih dengan pesersentase sebesar 18,65 persen. Sementara Bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) yang ditarget sebesar Rp 1 triliun lebih telah dicapai sebesar Rp 190 miliar lebih dengan pesersentase sebesar 18,38 persen.

“Realiassi  pajak tahun ini hampir sama dengan pencapaian tahun lalu pada periode yang sama yakni sebesar 18,69 persen. Namun, nilai pajak tahun ini lebih besar dibandingkan periode yang sama, realisasi  pajak triwulan I tahun ini sebesar Rp 663 miliar lebih. Sementara tahun 2016 sebesar Rp 595miliar lebih,” ungkapnya saat melakukan konferensi pers di kantornya, Rabu (3/5).

Tautoto optimistis realisasi pajak akan terus membaik di triwulan kedua ini seiring dengan semakin membaiknya perekonomian warga Sulsel. ” Kami sangat optimis juga untuk kedepannya terkhusus untuk triwulan kedua dengan targetya. Karena berbagai upaya yang kita lakukan untuk bisa teralisasi dengan maksimal,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pendapatan Asli Daerah (PAD) II Bapenda Sulsel, Fitri Ari Utami menuturkan, salah satu indikator bisa mencapai target karena kerja serta sinergitas seluruh stakeholder di Bapenda Sulsel serta UPTD yang ada di setiap Kabupaten/Kota.

“Kita juga turun langsung mengunjungi rumah warga wajib pajak melalui dor to door, dengan kegiatan ini selain bisa mengingatkan wajib pajak sekaligus mendata kendaraan masyarakat yang sudah tidak aktif lagi,” pungkasnya. (***)


div>