JUMAT , 20 JULI 2018

‘Tuan Roda Sampah’ ini Bersihkan 6,7 juta batang Rokok dari Pelabuhan

Reporter:

Editor:

hur

Minggu , 13 Maret 2016 09:43
‘Tuan Roda Sampah’ ini Bersihkan 6,7 juta batang Rokok dari Pelabuhan

Perbandingan hasil kerja 'Tuan Roda Sampah'. Foto sebelah kiri diambil pada 30 April 2014, sebelum si Tuan Roda Sampah bekerja. Foto Sebelah kanan adalah hasilnya. (Foto: Repro/discovery.com)

RAKYATSULSEL.COM – Sebuah kelompok konservasi di Baltimore, menggunakan peralatan roda air, yang mereka sebut sebagai ‘Tuan Roda Sampah’, untuk membersihkan kota tercemar Inner Harbor. Hanya dalam 18 bulan bekerja, si ‘Tuan Roda Sampah’ ini mengangkat 350 ton sampah dari pelabuhan.

Sampah-sampah itu terdiri dari 200.000 botol bekas, 173.000 kantong plastik bekas keripik kentang dan 6,7 juta batang puntung rokok. Semuanya dibersihkan dari dari jalur air yang sudah sangat tercemar.

Peralatan roda berenergi bersih ini dilengkapi ban berjalan digunakan untuk mengangkut sampah dan puing-puing lainnya dari dalam air, untuk dibuang ke tempat yang semestinya.

‘Tuan Roda Sampah’ adalah salah satu program Waterfront Partnership’s Healthy Harbor Plan untuk menjadikan pantai pelabuhan layak menjadi tempat berenang pada tahun 2020. (discovery.com)

Perbandingan hasil kerja ‘Tuan Roda Sampah’. Foto sebelah kiri diambil pada 30 April 2014, sebelum si Tuan Roda Sampah bekerja. Foto Sebelah kanan adalah hasilnya. (Foto: Repro/discovery.com)


Tag
  • Lingkungan
  •  
    div>