SABTU , 20 OKTOBER 2018

Tunda Pelantikan, IYL Fokus Bantu Korban Bencana Palu

Reporter:

Editor:

Iskanto

Rabu , 03 Oktober 2018 14:47
Tunda Pelantikan, IYL Fokus Bantu Korban Bencana Palu

Ichsan Yasin Limpo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pelantikan pengurus PMI Provinsi Sulsel ditunda untuk sementara. Ketua terpilih Ichsan Yasin Limpo (IYL) mengimbau semua pengurus dan relawan, untuk fokus melakukan tugas tugas kemanusiaan membantu korban bencana gempa dan tsunami Palu dan Donggala, Sulteng.

IYL yang kembali terpilih secara aklamasi memimpin PMI Sulsel, semula dijadwalkan dilantik langsung oleh Ketua PB PMI, Jusuf Kalla, pada awal Oktober 2018 ini.

“Kami mengimbau para pengurus dan relawan untuk fokus membantu penanganan bencana di Sulawesi Tengah,” ujar IYL yang ditemui saat memantau donor darah sukarela untuk korban bencana Sulteng di markas PMI Sulsel, Rabu (3/10).

Upaya maksimal membantu korban bencana Palu dan Donggala, dilakukan PMI Provinsi Sulsel. Hari pertama pasca gempa, PMI langsung menurunkan armada kendaran Hagglund yang berfungsi multi medan, kendaraan distribusi air bersih, ambulance dan kelengkapan lainnya.

Secara total, PMI Sulsel dan PMI Kabupaten/Kota menurunkan tim medis dan semua relawan terlatih yang memiliki spesifikasi keahlian. Mereka diterjunkan melakukan asesment, evakuasi, wash team, dan keperluan lainnya di lokasi bencana. Termasuk menyiapkan relawan dalam menangani pengungsi di Makassar dan daerah lain.

“Saudara-saudara kita di Sulteng butuh uluran tangan sesama, mari kita fokus membantu mereka,” tegas IYL, tokoh peduli kemanusiaan yang meraih penghargaan dari PBB melalui United Nation High Commissioner for Refugees (UNHCR) ini.

PMI Sulsel pascagempa Sulteng intens menyalurkan kebutuhan darah. IYL menyebutkan, ratusan kantong darah sudah disalurkan bertahap dan akan terus dilakukan maksimal dalam memenuhi kebutuhan darah parakorban bencana di Palu dan Donggala. “PMI bersama lembaga mitra terus melakukan donor sebagai bagian penanganan kepedulian terhadap korban bencana,” katanya. (*)


div>