SABTU , 17 NOVEMBER 2018

‘Uang Panai’ Tayang Akhir Juli

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 19 April 2016 08:19
‘Uang Panai’ Tayang Akhir Juli

Poster Film Uang Panai

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Film Uang Panai’ yang diproduksi oleh Makkita Cinema Production bakal ditayangkan akhir Juli mendatang di seluruh bioskop Indonesia. Disebutkan, tim produksi film ini pun sementara melakukan negosiasi agar dapat menembus pasar film luar negeri.

Produser Film Uang Panai’, Andi Syahwal Mattuju mengatakan, dengan film ini, diharapkan orang-orang dapat memahami makna dari uang panai’, Makassar pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

“Selama ini orang menilai bahwa uang panai’ seolah-olah gadis bugis itu dibeli. Misal, ini saya punya uang, kemudian saya mau anakmu. Nah, itu yang mau klarifikasi di film ini bahwa uang panai’ merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan kepada gadis bugis,” jelasnya usai menemui Gubernur Sulsel di ruang kerjanya, Senin (18/4).

Atas dukungan Gubernur, lanjutnya, diharapkan masyarakat Sulsel dapat menghargai karya sineas-sineas muda Makassar. Sebab, pihaknya ingin menjadikan ini sebuah momentum untuk bangkitnya industri film di Sulsel.

Sementara Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, merespon positif hadirnya film ini. Dikatakannya, semua karya anak bangsa yang positif harus direspon dengan baik.

“Takutnya uang panai’ menjadi stigma budaya Bugis-Makassar yang salah. Oleh karena itu, uang panai’ harus ditambah bukan korupsi,” katanya.

[NEXT-RASUL]

Menurutnya, uang panai’ itu bukan membeli perempuan. Kata dia, uang panai’ merupakan bagian yang membuktikan keberadaan laki-laki yang siap bertanggung jawab pada anak perempuan yang diambil dalam sebuah keluarga.

“Uang panai’ bukan membeli perempuan, tetapi menghormari leveling dari keluarga perempuan. Jangan sampai orang diajar mulai dari kawin sudah sogok-sogok,” ujarnya.

“Jangan sampai uang panai dipandang sebagai budaya kota Makassar yang biasa bayar-bayaran untuk sebuah kepentingan. Film ini harus membuktikan bahwa orang yang mau melamar orang baik dan mau mengangkat daeranya,” pungkasnya.


div>