KAMIS , 18 JANUARI 2018

Uber Mulai Operasi, Dishub Pekanbaru Siap Kandangkan Armada Taksi Online

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 12 Mei 2017 10:31
Uber Mulai Operasi, Dishub Pekanbaru Siap Kandangkan Armada Taksi Online

ilustrasi (*)

RAKYATSULSEL.COM – Aplikasi angkutan umum taksi mulai menyasar daerah Kota Pekanbaru, Riau. Rencananya aplikasi Uber akan melayani penumpang di Bumi Lancang Kuning per Jumat (12/5). Kehadiran angkutan berbasis aplikasi ini membuat pihak Dinas Perhubungan (Dishub) pun geram dan menyiapkan operasi penertiban terhadap armada taksi online tersebut.

Ketika dikonfirmasi Riau Pos (Jawa Pos Group) tentang hal itu, Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Pekanbaru, Sunarko terkesan kaget.Dia mengaku tidak tahu bahwa Uber akan mulai beroperasi di Pekanbaru pada Jumat (12/5).

“Saya tidak tahu, ini baru tahu informasi akan beroperasi mulai besok (hari ini, red),” Ujar Sunarko sebagaimana dilansirĀ Riau Pos (Jawa Pos Group), Jumat (12/5).

Sunarko mengaku pihaknya tidak pernah mengeluarkan izin untuk transportasi tersebut. Dengan demikian, jika memang Uber akan beroperasi di Pekanbaru, maka pihaknya menyatakan armada tersebut angkutan ilegal. “KamiĀ  tidak ada memberikan izin. Soal perizianan itu kewenangan pusat dan provinsi nanti kita akan koordianasikan kesana. Kalau tidak memiliki izin berarti Ilegal,” imbuhnya.

Selanjutnya, pihak Dishub akan meningkatkan pengawasan dengan melakukan pengecekan dan berjanji menindak tegas tranportasi tersebut.

“Selagi tidak berizin akan diberlakukan sama seperti anggutan ilegal lainnya karena tidak memiliki izin operasi dan buku uji, bila kedapatan akan kita kandangkan kendaraan itu, penertibannya dibagian pengawasan,” tegasnya

Terpisah Kabid Wasdal Dishub Kota Pekanbaru, Syaibul Alades mengatakan, untuk penindakan pihaknya akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Satlantas Polresta Pekanbaru. “Kita akan bicarakan dulu dengan Satlantas, karena Satlantas merupakan ujung tombak kita. Tanpa mereka kita tidak bisa melakukan razia,” paparnya.


div>