MINGGU , 25 FEBRUARI 2018

Ulas Regulasi Pelaporan Dana Kampanye Pilwalkot, KPU Parepare Gelar Bimtek

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Jumat , 02 Februari 2018 19:24
Ulas Regulasi Pelaporan Dana Kampanye Pilwalkot, KPU Parepare Gelar Bimtek

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) laporan dana kampanye pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare. Kegiatan yang dihadiri sejumlah Bendahara dari masing-masing Parpol ini digelar di hotel Bukit Kenari, Kamis, (2/2/2018).

Menurut Hasruddin Husain, salah satu Komisioner KPU pada Divisi Hukum, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 tentang dana kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2018.

“Bimtek ini sangat penting bagi Parpol karena berkaitan dengan regulasi pelaporan dana kampanye. ini sangat penting diikuti oleh parpol, sehingga parpol bisa membuat laporan sesuai aturan yang sudah ditetapkan,” terang Hasruddin Husain.

Secara teknis, Abdi Ibrahim Auditor Pelaporan dan Kampanye, yang juga sebagai narahubung KPU Parepare ini menguraikan, ada beberapa tahapan dalam pelaporan dana kampanye.

Tahap pertama, kata dia, yaitu pelaporan awal dana kampanye yang diserahkah pada 14 Februari 2018, tahap kedua laporan penerimaan sumbangan dana kampanye yang diserahkan pada 20 April, dan tahap ketiga Laporan Penerimaan dan Pengelolaan Dana Kampanye (LPPDK) yang diserahkan pada 16 Juni 2018.

“Tim LO Paslon wajib menyerahkan laporan-laporan ini. Dari hasil laporan itulah yang nanti diserahkan kepada KPU. Kemudian KPU menunjuk Akuntan publik, lalu Akuntan publik yang melakukan audit dan verifikasi terhadap laporan yang dibuat Parpol,” jelas Abdi Ibrahim.

Dia juga menambahkan, dalam laporan dana kampanye tersebut tidak dapat menggunakan nama orang lain pada rekening dana kampanye. “Dalam PKPU Nomor 5 tahun 2017 harus menggunakan nama kedua Pasangan Calon,” paparnya. (MP1/Nia)


div>