SABTU , 20 OKTOBER 2018

UMI-Harper Adams University UK Inisiasi Kerjasama

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 26 April 2016 15:34
UMI-Harper Adams University UK Inisiasi Kerjasama

int

CITIZEN REPORTER – Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) inisiasi kerjasama dengan Harper Adams University yang berbasis di United Kingdom of Britain Inggris. Hal ini disampaikan kepala KUI Setyawati Yani, ST MT PhD sesaat setelah memberikan sambutannya di ruang senat rektorat Menara UMI, Lt 9.

Dalam sambutannya, Setyawati mengatakan, saat ini UMI telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik itu dalam maupun luar negeri, dan untuk mendukung visi UMI menuju World Class University (WCU) yang dicanangkan rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA.

Kerjasama yang bisa dijalankan dengan Harper Adams Unversity UK bisa dalam bentuk KKN internasional, research collaboration, double degree, dan yang lain yang dianggap sesuai dengan visi misi UMI.

Dekan Fakultas Pertanian UMI mengatakan, Alhamdulillah Fakultas Pertanian UMI mendapatkan kepercayaan berupa bantuan dari kementerian pertanian RI, hal ini direalisasikan dalam bentuk penanaman papaya California yang dilakukan di Pesantren Darul Mukhlishin, Padang Lampe Pangkep.

Dikatakan pula, short visit of students atau kerja praktek lapangan seperti yang saat ini dilakukan Fakultas Pertanian UMI dengan melakukan kunjungan perkebunan di Pangkep, bisa dilakukan kerjasama dengan Harper Adams University UK, yang mana mahasiswa Pertanian UMI akan dikirim ke UK dan demikian pun sebaliknya, mahasiswa dari Harper Adams University UK juga akan mengunjungi UMI. Hal ini disambut baik oleh Andi Jones yang juga merupakan staff internasional dari Harper Adams University UK, universitas yang baru saja mendapatkan predikat ‘Best University for Students Choice Award 2016’ dari Whatuni Awards 2016.

Andy Jones mengatakan, Harper Adams Univesity UK dikenal unggul dalam bidang pertanian dan teknik. Universitas ini memiliki fokus dalam bidang food, science, animal production. Untuk kerjasama, program double degree bisa dilaksanakan misalnya, untuk mahasiswa S2 atau master program melakukan studi dan penelitiannya selama 1 tahun di UK dan 1 tahun di UMI, ataupun selama 8 bulan di UK dan dan 4 bulan di UMI untuk melanjutkan researchnya.

“Kami ingin mencari role model untuk ditempatkan di UK. Untuk mahasiswa S1, dapat dilaksanakan program dual degree atau double degree selama 2 tahun atau 1 tahun di UK. Persyaratan terkait dengan bahasa Inggris, harus memiliki IELTS minimal 6,” ungkapnya.

Turut hadir Dekan Fakultas Pertanian UMI Ir H Annas Boceng MSi, kepala Humas UMI Dr Hj Nurjannah SS MPd, wakil dekan I bidang akademik Fakultas Pertanian Ir H Bakhtiar Ibrahim M P, wakil dekan II bidang sumber daya dan keuangan Ir Rasmeidah Rasyid P MP, wakil dekan III bidang kemahasiswaan Fakultas Pertanian Dr Ir H Abdul Haris MP, dan sejumlah dosen Fakultas Pertanian UMI.

Pihak Harper Adams University – England hadir Andy Jones yang merupakan Director of Learning yang didampingi oleh Steve Buckle yang juga representative dari Indo Harper Adams University UK.

Penulis: Salmia Syarifuddin


Tag
div>