MINGGU , 25 FEBRUARI 2018

Unggul Lebih Dahulu, Valencia Gagal Menang Akibat Gol Sang Mantan

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 27 November 2017 10:29
Unggul Lebih Dahulu, Valencia Gagal Menang Akibat Gol Sang Mantan

Lionel Messi cs terhindar dari kekalahan di Mestalla (AFP)

RAKYATSULSEL.COM – Valencia nyaris membuat kejutan pada jornada 5 Divisi Primera La Liga 2017-2018. Menjamu pemuncak klasemen, Barcelona, Senin (27/11) dini hari, Valencia sempat unggul lebih dahulu sebelum akhirnya bermain imbang dengan skor 1-1.

Adalah Jordi Alba, mantan pemain mereka yang membuat keunggulan Valencia Sirna. Alba mencetak gol pada menit 82 berkat umpan dari Lionel Messi. Gol Alba membuat skor menjadi 1-1 dan bertahan hingga laga berakhir.

Dengan hasil 1-1 tersebut, Barcelona tetap menjaga jarak 4 poin dari Valencia. Blaugrana masih kokoh di puncak klasemen dengan 35 poin, sementara Los Che berada di posisi kedua dengan 31 angka.

Selain itu, Valencia dan Barcelona juga sama-sama belum menelan kekalahan. Barcelona meraih 11 kemenangan dan 2 seri, sedangkan Valencia 9 menang dan 4 seri.

Bertindak sebagai tuan rumah, Valencia mencoba mengimbangi agresivitas Barcelona yang tetap memainkan gaya penguasaan bola. Babak pertama bisa dibilang menjadi milik tim tamu. Baik dari jumlah tembakan maupun penguasaan bola, Barcelona lebih unggul.

Hanya saja, penampilan lini belakang Valencia yang solid membuat peluang Barcelona selalu kandas. Selain itu, kiper Neto juga mampu tampil gemilang. Mantan penjaga gawang Fiorentina dan Juventus asal Brasil itu beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang. Babak pertama berakhir antiklimaks tanpa gol.

Pada babak kedua, Los Che yang diasuh Marcelino Garcia Toral, berusaha lebih berani dalam melakukan serangan. Bertumpu pada serangan balik, Simone Zaza cs berusaha membahayakan gawang Marc-Andre ter Stegen.

Upaya Los Che berbuah hasil gemilang. Pada menit 60 Rodrigo mampu membawa Valencia unggul 1-0. Gol bemula dari serangan balik cepat. Rodrigo yang mendapat umpan dari Jose Gaya mampu mengonversinya menjadi gol.

Usai gol tersebut, Barcelona terus mengurung pertahanan Valencia. Diserang berkali-kali, pertahanan Valencia akhirnya goyah. Pada menit 82, aksi Lionel Messi menjadi awal Barcelona menyamakan kedudukan. Dia memberikan umpan kepada Alba untuk mencetak gol. Skor pun menjadi 1-1. Alba merupakan mantan penggawa Valencia.

Hingga laga berakhir, skor 1-1 tak berubah. Berdasar statistik, Barcelona memang tak pantas kalah di Mestalla. Tim asuhan Ernesto Valverde itu dominan segala-galanya. Mereka melepaskan 11 tembakan dengan 8 di antaranya tepat sasaran. Sementara Valencia hanya 6 tembakan dan 1 on target namun mampu berbuah gol.

Dalam hal penguasaan bola, Barcelona mencapai 62%. Sementara Valencia lebih banyak melakukan serangan balik dan hanya menguasai bola sebanyak 38%.

Valencia 1-1 Barcelona
(Rodrigo 60 – Jordi Alba 82)
SUSUNAN PEMAIN
Valencia: Neto; Montoya, Garay (Vezo 86), Gabriel, Gaya; Soler (Mina 89), Parejo, Kondogbia, Guedes; Rodrigo (Pereira 82), Zaza
Pelatih: Marcelino Garcia Toral

Barcelona: Ter Stegen; Semedo (Aleix Vidal 80), Vermaelen, Umtiti, Alba; Rakitic (Deulofeu 68), Busquets, Iniesta (Denis Suarez 72); Paulinho; Messi, Suarez
Pelatih: Ernesto Valverde

(epr/Football Espana/JPC)


div>